Inilah 5 Faktor Penyebab Haid Tidak Lancar

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami oleh seorang wanita, disebabkan oleh meluruhnya dinding endometrium rahim yang disertai dengan keluarnya darah, itulah mengapa kondisi ini sering kali menyebabkan rasa yang kurang nyaman atau sakit, hanya saja ada nyeri haid yang normal dan juga tidak. Jika terlalu berlebihan disertai dengan beberapa kondisi lainnya yang tidak normal patut untuk segera memeriksakannya ke dokter, karena ditakutkan gejala penyakit berbahaya.

Beberapa orang bahkan juga kerap kali mengalami kondisi seperti menstruasi yang tidak lancar, atau tidak sesuai dengan jadwalnya. Penyebab haid tidak teratur ini sendiri sebenarnya banyak sekali, berikut ini diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Memasuki masa menopouse, pada wanita sendiri ketika sudah memasuki usia tua antinya ada sebuah kondisi yang dinamakan sebagai menopouse, memasuki menopouse ini maka produksi dari hormon esterogen dan juga progesteron yang ada di dalam tubuh menjadi tidak teratur dan mempengaruhi siklus haid.
  2. Pemakaian alat kontrasepsi tertentu seperti pil KB yang menyebabkan terjadinya perubahan siklus hormonal dalam tubuh, sehingga haid yang dialami juga menjadi tidak lancar.
  3. Pola hidup yang salah, seperti tidak rutin dalam melakukan aktivitas olahraga, begitu juga tidak menjaga berat badan dengan baik, berat badan yang turun secara drastis atau sebaliknya naik drastis juga bisa mempengaruhi kondisi hormon yang ada di dalam tubuh.
  4. Stress, masalah seperti beban pikiran yang dialami seseorang akan membuatnya mudah mengalami stress, akibatnya siklus hormonal yang ada dalam tubuh juga mulai mengalami perubahan, memicu haid tidak lancar.
  5. Terkenal sindrom ovarium polikistik atau PCOS, dimana dalam indung telur terdapat banyak kista-kista kecil, menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang, akibatnya haid juga tidak teratur.
Baca:  Tampil makin percaya diri

Ada baiknya Anda memiliki aplikasi kalender haid di smartphone untuk mengetahui jadwal haid apakah berjalan secara teratur ataukah tidak. Sehingga jika ada kondisi yang tidak normal lebih baik segera periksa ke dokter. Agar lebih aman selama haid gunakan pembalut yang sudah teruji bebas klorin dan nyaman digunakan seperti Laurier.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment
  1. Kalau pakai obat anti haid seperti pada saat menjalankan ibadah umroh aapakah berpengaruh ya bang???

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.