Ini Dia Tips Simple Dalam Merawat Laptop yang Bisa Kamu Coba Sendiri!

Notebook atau Netbook alias Laptop, merupakan salah satu jenis gadget yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakatnya. Ya, terutama untuk kalangan anak mahasiwa dan pegawai kantoran, dimana sebuah laptop itu sudah menjadi bagian dari kebutuhan mereka. Tingginya kebutuhan masyarakat akan peran laptop, tentu saja akan membuat persaingan yang ketat diantara para produsennya.

tips mudah merawat laptop

Terlepas dari hal itu, mungkin sebagian besar dari kita masih ada yang belum paham tentang tata cara merawat laptop dengan baik dan benar. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah beberapa tips simple dalam merawat laptop yang bisa kamu coba sendiri di rumah :

1. Jangan Mematikan Laptop Dengan Tombol Off

Tips simple pertama yang harus kalian ketahui dalam merawat laptop, yakni jangan langsung mematikan laptop dengan menekan tombol off pada keyboard. Dalam hal ini, kamu harus mematikannya dengan cara shutdown. Selain itu, laptop tidak boleh terlalu lama dinyalakan agar tidak cepat panas. Ya, biarkan laptop kesayanganmu itu beristirahat dulu kurang lebih selama 1 jam.

2. Jangan Mengemas Laptop Dalam Keadaan Standby

Sangat tidak disarankan bagi kamu untuk membawa laptop dalam keadaan standby. Mengapa demikian? Soalnya, hal tersebut akan membuat kerusakan pada bagian hard disk lho. Saat hendak dimasukkan kedalam tas, usahakan agar resletingnya agak dibuat sedikit celah untuk menjaga sirkulasi udara.

3. Lakukan Update BIOS

Sama halnya dengan program aplikasi dan driver hardware, BIOS juga membutuhkan update versi yang terbaru. Pada umumnya, update dari BIOS akan meningkatkan performa laptop sehingga kompabilitas antara hardware dengan software tetap stabil. Mengenai cara updatenya, silahkan kunjungi situs resmi dari pabrikan laptopnya. Jika kamu tidak yakin untuk melakukannya sendiri, lebih baik kamu minta bantuan pada teman yang mengerti atau bawa saja langsung ke teknisi komputer yang ada disekitar tempat tinggalmu.

Baca:  Laptop HP, Solusi Terbaik Membeli Laptop Murah

4. Hapus Bloatware

Tips simple berikutnya yang harus kamu lakukan dalam merawat laptop, yakni menghapus bloatware. Bloatware ini merupakan sebuah software promosi, yang memang sengaja diciptakan oleh pabrik dari merk laptop itu sendiri. Dengan kata lain, bloatware ini tidak ada gunanya. Mengenai cara menghapusnya, silahkan masuk ke control panel, pilih Programs and Features, kemudian uninstall semua perangkat yang sekiranya tidak penting. Dengan demikian, maka aplikasi tersebut tidak akan memakan RAM sehingga tidak membebani kinerja laptop.

5. Memasang Software Antivirus

Serangan pada era cyber seperti sekarang ini meliputi malware, spyware, hingga ransomware, dimana kamu harus memasang perangkat luna keamanan yang kuat pada system. Memasang software antivirus sangat dibutuhkan, dikarenakan memiliki fitur keamanan tambahan secara real time.

6. Jangan Sembarangan Dalam Mengunduh Aplikasi

Dalam hal ini, kamu jangan sampai mudah tergiur oleh aplikasi-aplikasi yang tersedia secara gratis maupun yang berbayar. Mengapa demikian? Pasalnya, tak jarang aplikasi tersebut disusupi oleh virus yang tentu saja akan merusak system laptop.

7. Melakukan Pembaharuan Sistem Operasi Secara Rutin

Tips simple terakhir yang harus kamu lakukan dalam merawat laptop, yakni melakukan pembaharuan atau update pada system operasi secara rutin. Itulah beberapa tips dalam merawat laptop yang baik dan benar. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Nah, bagi kamu yang sedang mencari jasa service laptop panggilan yang tepercaya dan teruji, silahkan saja kunjungi carijasa.co.id untuk service laptop Anda.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.