Ini dia Tips Berbelanja Tiket Secara Online Yang Aman

Selain lebih efektif dan efesien, kelebihan lainnya dari belanja secara online adalah anda bisa mencari barang/produk dengan harga termurah karena stiap shopping online selalu menawarkan barang dengan harga bersaing. Dimana, setiap toko online akan bersaing dengan toko online lainnya di seluruh Indonesia bahkan dunia. Hal inilah yang menjadi alasan para pemiliki shopping online untuk menggaet para pelanggan sebanyak-banyaknya, salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko konvensional. Namun sayang, selalu ada oknum toko online penipu yang menjual barang-barang palsu atau fiktif. Agar terhindar dari penipuan tersebut, berikut beberapa tips membeli tiket kereta bandung jakarta murah aman sebagai berikut :

sumber: pribadi

Jangan Tergiur Dengan Harga Yang Murah

Dalam hal ini anda jangan langsung tergoda pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan para spammer. Anda harus hati-hati, karena spammer juga merayu. Dimana, spammer ini akan mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Oleh karena itu, sebaiknya anda kunjungi situs toko online resmi dari perusahaan tersebut. Jangan masuk ke situs tersebut lewat e-mail atau jendela pop-up.

Cari Informasi Toko Online Tersebut

Dalam hal ini, cari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, apakah situs tersebut milik perusahaan atau milik perseorangan, lihat secara detail apakah terdapat kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, Pin BBM, Messenger atau live chat. Bukan hanya itu, cari juga informasi tentang nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut. Jika tidak terdapat informasi ini makan jangan lakukan pembelian di toko online tersebut. Simple kan?

Maksimalkan Kemanan PC Milik Anda

Dalam hal ini lakukan update software antivirus dan antispyware anda secara rutin. Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini banyak program jahat secara eksplisit yang dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan di sistem operasi dan browser web. Bukan hanya itu, anda juga harus tetap menjaga browser dan sistem operasi yang anda gunakan selalu up-to-date,  dan jangan pernah menggunakan software layanan VPN gratisan untuk mengakses akun penting yang berhubungan dengan keuangan anda, karena ini bisa berakibat fatal pada kehilangan informasi atau bahkan uang anda.

Pilihlah Pasword Yang Sulit Ditebak

Setiap sistem keamanan yang berhubungan dengan akun online, maka salah satu cara pengamanan dasar yang harus anda lakukan adalah dengan membuat password yang kuat. Karena password ini merupakan pertahanan keamanan terbaik yang anda miliki, namun jika password atau kata sandi anda tidak anda buat dengan tepat dan kuat, hacker bisa dengan mudah menebak password tersebut. Oleh karena itu, untuk setiap akun belanja online yang anda miliki, pastikan anda selalu membuat password yang kuat dan sulit ditebak para hacker, unik dan lakukan secara rutin untuk melakukan pergantian password.

Belanja Di E-Commerce Terpercaya

Sebagaimana yang diketahui bahwa sekarang ini banyak sekali situs-situs e-commerce yang menjual berbagai macam produk, mulai dari produk pakaian, makanan, elektronik, keperluan rumah tangga, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, ada juga yang membuka lapak di Instagram atau Facebook. Nah, sebelum anda memutuskan untuk membeli barang, maka pastikan bahwa situs atau penjual yang berhubungan dengan itu memang terpercaya.

Itulah beberapa tips belanja online yang aman semoga ada guna dan manfaatnya terutama bagi anda yang hobi belanja secara online.  

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.