Informasi Seputar 7 Makanan Halal Di Bali Yang Enak Dan Murah Untuk Wisatawan

Salah satu masalah yang sering dihadapi para traveler atau wisatawan muslim yang berkunjung ke Bali adalah bagaimana menemukan makanan halal di Bali. Mayoritas penduduk Bali yang beragama Hindu, memang membuat sebagian besar menu yang disajikan di pulau Dewata ini belum jelas kehalalannya, bahkan sebagian malah ada yang haram untuk dikonsumsi muslim seperti misalnya menu gulai babi. Namun, bukan berarti disini tidak ada makanan halal yang bisa dimakan. Sebagian pedagang atau rumah makan ada yang menyediakan masakan halal.

makanan halal di bali

Berikut beberapa jenis makanan halal di Bali yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Nasi Ayam Kedewatan

Untuk bisa menikmati Nasi Ayam Kedewatan ini, harus sampai ke Ubud dulu karena memang letaknya berada di sekitar Ubud. Rumah makan dengan tempat duduk yang khas berupa bale-bale semakin menarik bagi wisatawan. Sebagian besar sajian menu disini berbahan ayam seperti ayam goreng, sate lilit, ayam sisit, telur, sayuran lawar dan sambal khas yang endesss! Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku ini buka setiap hari dan beralamatkan di Jalan Raya Kedewatan no.18, Ubud.

Teba Café Jimbaran

Salah satu pantai yang banyak menyediakan sajian makanan, mulai dari warung, rumah makan hingga café adalah Pantai Jimbaran. Disini, seringkali dijadikan tempat untuk bersantai, adapula yang menjadikannya sebagai tempat makan malam yang romantis bersama pasangan. Sebagian besar rumah makan di Jimbaran menyediakan menu seafood. Teba Café Jimbaran adalah satu diantara tempat makan yang cukup menarik untuk dikunjungi karena beragam menu pilihan dengan bumbu yang menggugah selera. Menikmati sajian makanan di pinggir pantai sambil diiringi musik akustik, pastinya akan jadi pengalaman yang menyenangkan selama di Bali.

Baca:  Liburan Keluarga di Pulau Dewata

Nasi Ayam Bu Oki

Jika sedang berada di Nusa Dua dan ingin mencari makanan halal di Bali yang nikmat, bisa mampir ke Warung Ibu Oki. Sajian menu yang ditawarkan memang masih seputar nasi ayam, namun soal rasa tidak perlu diragukan. Kuah pedasnya terkenal sangat nikmat dan hot! Bagi yang suka pedas, wajib coba nih. Lokasi Nasi Ayam Ibu Oki terletak di Jl. Siligita no.27, Nusa Dua. Untuk harga seporsi nasi ayam hanya dibanderol dengan harga sekitar 25-30 ribu rupiah saja.

The Bay Nusa Dua

Masih berada di kawasan Nusa Dua, tempat makan lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah The Bay Nusa Dua. Menu andalan yang ada disini adalah Bebek Bengil yang garing dan crispy. Meski berada di kawasan pantai, namun tempat makan di sini dibuat dengan nyaman karena menggunakan gazebo. Suasana sekitar yang rindang dan asri semakin menambah nikmat saat menyantap menu sajian yang dihidangkan. Untuk menu Bebek Bengil, sangat recommended dicoba khususnya bagi kamu penyuka bebek goreng. Lokasi tempat makan The Bay Nusa Dua yaitu ITDC Complex, Lot C-0, Pantai Nusa Dua, Kuta Selatan.

Warung Tekor

Tidak banyak tempat makan saat ini yang menyajikan makanannya dalam tempat seperti daun pisang, namun di Warung Tekor yang berada di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur ini, nasi, lauk pauk dan sayurnya disajikan dalam satu tempat yang disebut dengan pincuk atau tekor. Selain makanannya yang khas dan nikmat, suasana warung disini juga tidak kalah unik dan menarik karena bergaya tradisional. Pengunjung yang datang serasa makan dan berada di jaman dulu, cocok bagi kamu yang ingin bernostalgia pada masa kecil dahulu.

Baca:  Sering ke Bali? Udah Pernah Kesini Belum?

Warung Mak Beng

Warung Mak Beng adalah salah satu warung yang cukup tua karena sudah berdiri sejak 1941 dan hingga kini masih ramai dikunjungi. Menu yang ditawarkan tidaklah banyak, hanya berupa sop ikan dengan nasi putih, ikan goreng serta sambal yang nikmat. Meski begitu, menu sop ikan disini terkenal dan selalu dirindukan oleh pecinta kuliner. Penasaran ingin mencicipi sop ikan Warung Mak Beng? Datang saja ke Jl. Hang Tuah no.45, Sanur. Kawasan Pantai Sanur, bisa jadi objek wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi selama ada di Bali.

Ayam Bakar Taliwang Baru

Jika ingin menjajal makanan khas Lombok, bisa datang ke Jalan Teuku Umar, Denpasar. Disini, ada menu khas Lombok yang sayang jika dilewatkan yaitu Ayam Bakar Taliwang. Sajian lainnya yang tidak kalah menarik dicoba adalah plecing kangkung, ayam sasak, ayam plecing dan beberuk terong. Bagi yang pertama kali makan disini, jangan heran jika ayam yang disajikan terlihat kecil, hal itu karena bahan ayam yang digunakan berasal dari ayam kampung asli. Siap-siap buat nambah nasi karena rasa makanan disini benar-benar gurih dan nikmat. Nah, itu tadi sebagian makanan halal di Bali yang bisa dicoba. Pastinya, saat hendak memilih makanan halal, harus tetap berhati-hati, teliti apakah tempat makan yang dipilih sudah ada keterangan halalnya atau tidak, kemudian apakah seluruh bahan yang digunakan serta prosesnya sesuai kaidah syariat sehingga dapat dikatakan halal. Jika ingin aman, makan di tempat penjual sesama muslim tentu lebih aman dan praktis.  But, don’t worry! Sebagian rumah makan di Bali sudah banyak ko’ yang memberi keterangan atau label halal sebagai tanda bahwa menu yang mereka sajikan aman untuk dikonsumsi oleh muslim.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.