Hati – hati Memberikan Obat Penurun Panas kepada Anak

Obat penurun panas – anak – anak sangatlah rentan terkena demam. Tak jarang orang tua harus dibikin pusing karena anakya terkena demam tinggi, dan ini merupakan hal yang wajar yang biasa dialami oleh anak – anak. Namun demikian tetap saja bagi orang tua harus menemukan solusi yang tepat ketika anaknya sedang demam. Memilih obat penurun panas merupakan salah satu cara yang bisa diberikan untuk mengatasi demam. Tetapi, pemberian obat penurun panas tetap harus cermat dan berhati – hati.

obat penurun panas anak

Cara memilih obat penurun panas

Di apotik atau toko terdekat ada banyak jenis obat penurun panas anak dari berbagai merk. Namun jangan sampai salah memilih obat penurun panas karena tidak semua obat penurun panas baik untuk anak – anak. Ketika anak sedang demam, obat penurun panas yang boleh diberikan ialah acetaminophen dan ibuprofen. Kedua jenis obat demam ini boleh digunakan oleh anak – anak ketika mereka sedang demam. Akan tetapi, pemberian obat ini hanya boleh diberikan kepada anak usia di atas 6 bulan saja. Selain kedua obat itu, ada juga paracetamol khusus untuk anak yang bisa dijadikan obat penurun panas. Selain dengan menggunakan obat – obatan, orang tua juga bisa menggunakan cara alami untuk menurunkan demam anak seperti mengkompres anak atau mengolesinya dengan campuran bawang putih dan minyak zaitun. Cara alami ini dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, jika dengan cara alami demam anak bisa turun, sebaiknya tidak usah memberikan tambahan obat – obatan kepada anak.

Saat yang tepat untuk minum obat penurun panas

Banyak orang tua yang buru – buru memberikan obat penurun panas kepada anak begitu menyadari anaknya sedang demam tinggi. Padahal langkah ini tidak tepat untuk dilakukan. Sebaiknya orang tua mendalami dulu apa penyebab anak demam, apakah karena imunisasi atau karena terlalu kepanasan sebab selimut yang terlalu tebal. Jika karena selimut yang terlalu rapat, maka lepas selimutnya dan kenakan baju yang agak tipis. Cek lagi apakah masih panas atau tidak. Jika iya, maka kompres dengan air hangat dan boleh sesekali diusap dengan minyak telon. Jika dengan cara tradisional atau alami masih tetap tak ada perubahan, baru bawa ke dokter dan ikuti saran dokter untuk pemberian obat penurun panasnya.

Efek samping penggunaan obat penurun panas

Pemberian obat penurun panas terhadap anak tidak menimbulkan reaksi yang begitu mengkhawatirkan selama dosis dan waktu pemberiannya tepat. Namun, pemberian obat penurun panas dewasa yang terlalu sering bisa menyebabkan munculnya gangguan lain pada anak. Sebut saja misalnya paracetamol, pemberian obat paracetamol berlebihan dapat mengakibatkan asma. Sedangkan ibuprofen bisa menyebabkan radang usus. Oleh sebab itu, sebaiknya anak sebisa mungkin dijauhkan dari obat – obatan. Caranya ialah dengan menjaga kesehatan anak, menjaga pola makannya, memenuhi kecukupan nutrisinya, dan pastikan untuk memberikan ASI yang banyak kepada anak.

Kesalahan orang tua saat anak demam

Seperti yang sudah disinggung di atas, terburu – buru memberikan obat penurun panas kepada anak termasuk kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang tua. Selain itu, pemberian suplemen kepada anak juga tidak dibenarkan meskipun dengan alasan karena anak tidak suka sayur. ASI untuk anak sudah cukup lebih baik daripada suplemen apa pun sehingga anak tidak membutuhkan asupan tambahan dari suplemen.

Demikian beberapa informasi penting tentang obat penurun panas yang bisa diberikan pada anak. Sebagai orang tua harus lebih berhati – hati lagi dalam memberikan obat penurun panas, dan berusahalah menjauhkan anak dari obat –obatan dengan cara menjaga kesehatannya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap