Hati-hati, Kurang Minum Air Rentan Bikin Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan ternyata bukan hanya menyerang saat Anda batuk atau flu saja. Waspadalah, kurang minum air juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Dalam dunia medis, radang tenggorokan disebut faringitis. Biasanya kondisi ini dirasakan saat Anda flu atau batuk karena adanya peradangan akibat infeksi dari virus atau bakteri. Namun, penyakit ini ternyata juga bisa muncul karena hal yang sederhana, yakni kurang minum air.

Tak hanya itu, meski jarang ditemukan, radang tenggorokan juga bisa dengan mudah menyerang orang yang mengalami infeksi sinus atau orang dengan alergi.

radang tenggorokan

Bisa dipicu karena kurang minum air

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini kepada KlikDokter, gejala radang tenggorokan yang kerap dialami adalah tenggorokan yang terasa sakit saat menelan. Selain itu juga demam disertai suara serak, muncul benjolan di area leher, serta adanya darah dalam air liur.

Berbagai gejala tersebut juga bisa terjadi bila Anda tidak memenuhi kebutuhan air minum harian. Mungkin pada awalnya Anda tidak menyangka bahwa kurang minum air bisa jadi penyebab radang tenggorokan.

Nyatanya, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, orang yang kurang minum air akan mengalami dehidrasi

“Bila sudah demikian, tenggorokan pun menjadi kering dan risiko radang tenggorokan bisa meningkat. Sebab, tenggorokan yang kering rentan menimbulkan peradangan, termasuk di area tenggorokan,” jelas dr. Sepri.

Kebiasaan yang rentan menimbulkan radang tenggorokan

Tak hanya berbagai hal di atas, kebiasaan yang tidak sehat juga turut meningkatkan risiko Anda terkena radang tenggorokan. Berikut ini adalah di antaranya:

Merokok

Mengisap asap rokok dapat memicu radang tenggorokan. Itu sebabnya, beberapa perokok mengalami radang. Hal ini dikatakan oleh dr. Dyah.

“Lebih baik, segera hentikan kebiasaan merokok Anda. Tak hanya perokok, orang yang sering terpapar asap rokok juga rentan mengalami hal yang sama,” ucapnya.

Baca:  Inilah Manfaat Bawang Putih Yang Mempunyai Manfaat Luar Biasa

Terlalu sering terpapar bahan kimia

Waspadalah, paparan bekas bakaran bahan kimia rumah tangga dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Gemar mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat tenggorokan Anda menjadi kering. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih, maka radang tenggorokan akan menyerang.

Pola makan tidak sehat yang menyebabkan naiknya asam lambung

Dikatakan oleh dr. Dyah, Anda yang senang menunda makan atau minum kopi dalam kondisi perut kosong rentan mengalami naiknya asam lambung hingga terjadi Gastroesophageal reflux disease (GERD). Bila sudah demikian, akan terjadi iritasi jaringan dan memicu radang tenggorokan.

Radang tenggorokan tentunya akan sangat mengganggu produktivitas Anda. Jadi, untuk menghindarinya, jangan sampai kurang minum air putih, ya. Imbangi juga kecukupan cairan tubuh dengan pola makan sehat.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.