Hari AntiKuropsi Sedunia

Hari ini 9 desember diperingati sebagai hari antikuropsi sedunia bahkan Indonesia hari ini akan “digoyang” demo besar-besaran katanya. Peringatan hari antikuropsi itu baik namun alangkah baiknya antikuropsi dimulai dari diri sendiri sebelum kita mengajak orang lain juga antikuropsi.

Kenapa harus dari diri sendiri karena ketika kita mau mengajak orang lain untuk antikuropsi tentu orang akan membandingkan dengan kita sendiri. Misalnya kita ngajak orang lain antikuropsi tapi kita sering terlambat datang bila ada acara. Tentu orang akan berkata “katanya antikuropsi tapi terlambat terus datang”.

Kuropsi tidak selalu identik dengan uang tapi banyak hal , mulai dari kuropsi waktu, pemakaian fasilitas, pelaksanaan ibadah hingga kuropsi kata-kata.

  • Kuropsi Waktu

Kuropsi waktu adalah hal yang terkadang dianggap sepele. Misalnya kita masuk kerja jam 8.00 tapi kita berlambat-lambat hingga akhirnya masuk pukul 8.15 atau bisa juga jam istirahat sudah berakhir tapi kita masih menawar 10 menit. Mungkin bisa juga, ketika jam kerja malah bepergian ke pasar atau menjemput anak.

  • Kuropsi Pemakaian Fasilitas

Ini kuropsi yang juga masih kurang disadari, kuropsi fasilitas tidak hanya identik dengan pemakaian mobil dinas menjadi mobil pribadi. Tapi juga penggunaan fasilitas lainnya semisal internet di kantor yang diperuntukkan untuk kerja tapi malah untuk bermain Facebook atau printer di kantor untuk mencetak keperluan pribadi bahkan kalau mau ekstrem ngeces Hp di kantor juga termasuk kuropsi karena itu adalah milik pribadi yang digunakan difasilitas kantor.

  • Kuropsi Pelaksanaan Ibadah

Inilah kuropsi yang tidak diperhatikan, padahal kuropsi ibadah sering kali terjadi, misalnya kita disuruh salat tepat waktu namun sering memperlambatnya. Misalnya azan telah berkumandang namun karena keasyikan dengan sesuatu kita menunda salatnya.

  • Kuropsi Kata – Kata

Inilah korupsi yang tidak disadari banyak orang, terkadang ketika ada orang ingin minta sampaikan pesannya sering kali ada yang tidak tersampaikan karena lupa atau memang sengaja tidak disampaikan.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.