Gejala dan Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok atau diaper rash merupakan peradangan atau iritasi pada kulit bayi akibat penggunaan popok. Ruam popok ditandai dengan kulit berwarna kemerahan pada daerah pantat, kelamin atau lipat paha. Ruam popok disebabkan karena berbagai hal, namun pada umumnya akibat tinja atau urin yang terkumpul pada diaper yang tidak segera diganti.

ruam popok

Selain itu, ruam popok juga terjadi karena penggunaan popok yang telalu ketat, infeksi kulit atau penyakit kulit seperti dermatitis atopic atau dermatitis seboroik. Maka dari itu, penggunaan diaper cream bayi sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya ruam popok atau mengobatinya sehingga tidak semakin parah

Gejala Ruam Popok Pada Bayi

Gejala utama diaper rash tau ruam popok yaitu kulit bayi berwarna kemerahan pada area bokong, sekitar kelamin dan lipatan paha. Kulit yang mengalami ruam kemerahan akan terasa hangat dan terlihat bengkak. Selain timbul ruam kemerahan, kulit pada bagian area pemakaian popok juga dapat ditumbuhi luka menggelembung atau melepuh.

Bayi yang mengalami ruam popok, biasanya menjadi rewel terutama pada saat area ruam tersebut dibersihkan. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka pada saat mengganti popok sebaiknya selalu menggunakan diaper cream. Saat ini banyak sekali merek diaper cream bayi yang dijual, bunda dapat membelinya untuk perawatan kulit bayi untuk mencegah terjadinya ruam popok.

Penyebab Ruam Popok

Ruam popok pada bayi disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

Kontak terlalu lama dengan urine atau tinja

Ruam popok diakibatkan karena terlalu lama kontak dengan urin atau tinja di popok, hal itu memicu iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

Terjadinya banyak gesekan

Banyaknya gesekan popok atau diaper yang terkena pada kulit bayi dapat menyebabkan ruam popok. Hal itu bisa terjadi karena pemakaian popok atau diaper yang terlalu ketat.

Baca:  Inilah Manfaat Bawang Putih Yang Mempunyai Manfaat Luar Biasa

Iritasi terhadap produk tertentu

Kulit bayi yang lembut dan sangat sensitif terkadang tidak cocok dengan produk tertentu seperti diaper cream, sabun, deterjen, bedak atau bahan pelembut pakaian.

Memiliki tipe kulit sensitif

Bayi yang memiliki kulit lebih sensitif maka akan lebih mudah terinfeksi bakteri, jamur karena area tersebut tertutup oleh popok dalam waktu yang terlalu lama. Sehingga kulit bayi menjadi lebih lembab dan hangat.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.