Flu Biasa atau Radang Alergi?

Anda wajib waspada bila anggota keluarga Anda terkena gejala flu. Bisa jadi yang diidap oleh anggota keluarga Anda bukan flu, melainkan radang alergi. Radang alergi atau radang yang disebabkan oleh reaksi dari alergi memiliki gejala yang mirip dengan flu. Jika Anda salah menafsirkan penyakit yang diidap anggota keluarga Anda, maka tentu saja penanganan yang Anda berikan pun akan keliru.

Untuk mengatasi kesalahan penafsiran mengenai flu atau radang alergi, simak uraian mengenai perbedaan flu biasa dan radang alergi berikut ini.

Perbedaan flu biasa dan radang alergi

Flu biasa dan radang alergi (rhinitis alergi) merupakan penyakit yang sama-sama menyerang sistem pernapasan pada manusia. Gejala yang biasa terjadi umumnya adalah kesulitan bernapas. Persamaan gejala lainnya adalah hidung berair, bersin-bersin, batuk, sakit tenggorokan, dan badan mudah merasa lelah.

Gejala umum yang ditunjukkan memang sama, namun Anda jangan terkecoh. Meskipun gejala umumnya sama, namun terdapat beberapa perbedaan gejala lainnya untuk dua penyakit ini.

Penyebab

Penyebab flu biasa adalah infeksi virus influenza sementara radang alergi disebabkan oleh reaksi alergi yang disebabkan oleh alergen.

Masa terjangkit

Biasanya flu akan banyak menjangkit orang-orang pada musim hujan. Namun untuk radang alergi tidak mengenal musim-musim tertentu.

Durasi

Durasi penyakit flu biasanya sekitar 3 sampai 14 hari. Namun penyakit radang alergi bisa sampai menahun. Selama orang tersebut terpapar oleh alergen maka penyakit radang alergi akan terus bersarang di tubuh pasien.

Kemungkinan tertular

Kemungkinan flu menular dari satu orang ke orang lainnya cukup besar karena flu disebabkan oleh virus. Sementara radang alergi bersifat individu atau tidak menular karena merupakan penyakit yang berkaitan dengan kondisi alergi orang yang bersangkutan.

Baca:  ASI yang Berkualitas Untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Penyembuhan

Penyakit flu ringan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan yang serius. Penyembuhan untuk radang alergi sebenarnya tidak bisa namun bisa diminimalisir dengan penanganan dokter, menghindari alergen, dan pemberian obat. Itulah beberapa perbedaan mengenai flu biasa dan radang alergi. Sebagai seorang Ibu sebaiknya memiliki pengetahuan serta kepekaan tinggi mengenai penyakit yg menyerang anggota keluarga terutama anak Anda. Ketahuilah mengenai penyakit yang diderita sedini mungkin kalau memungkinkan sejak anak di dalam kandungan. Jangan lupakan pentingnya asupan kalsium selama kehamilan untuk meminimalisir penyakit yang akan menyerang di masa mendatang.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.