Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus dipersiapkan Sebelum Lahiran

Calon orangtua akan sibuk berbelanja untuk kebutuhan bayinya nanti dan akan semakin bingung ketika melihat 1001 pilihan yang terpajang di toko. Sebelum memulai perburuan mencari perlengkapan bayi yang harus dibeli, ada baiknya menyimak berbagai bacaan yang diperlukan agar tidak membeli barang secara berlebihan.

perlengkapan bayi

Berikut beberapa daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan:

Popok

Tentu ini adalah hal yang penting untuk dibeli, ada banyak merk yang menjual barang ini, pilihlah yang nyaman dan aman serta sesuai dengan si buah hati. Popok laksana celana bagi si kecil, gantilah setiap dia pipis atau pup. 

Baju Bayi

Baju menjadi salah dua yang harus dimiliki dan tentunya juga kebutuhan wajib. Pilihlah dua jenis baju yaitu baju berlengan pendek dan baju berlengan panjang. Baju berlengan pendek akan nyaman digunakan ketika cuaca terasa panas atau gerah dan sebaliknya baju berlengan panjang digunakan ketika cuaca dirasakan dingin.

Kaos kaki dan sarung tangan

Walau terlihat kecil namun dua benda ini sangat bermanfaat, jadi jangan disepelekan. Kedua benda itu sangat berguna ketika bayi merasa kedinginan, kaos kaki dan sarung tangan bisa menjadi penghangat untuknya. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi sebagai pelindung muka dari cakaran kuku si bayi.

Perlengkapan Mandi

Mandinya bayi tentu berbeda dengan mandinya orang dewasa, ada banyak perlengkapan yang harus dipenuhi serta bahan yang digunakanpun harus aman dan nyaman bagi si bayi. Pemilihan sampo dan sabun harus diperhatikan agar sesuai dengan kondisi kulit si bayi, selain itu gunakan bak mandi khusus bayi agar bayi merasa nyaman. Gunakan handuk yang lembut agar kulitnya tidak merasa sakit.

Singlet

Singlet atau baju dalaman. Baju ini berguna ketika bagi merasa gerah atau panas ketika memakai baju, singlet bisa menjadi alternatif agar tubuh bayi tidak terlihat polos.

Celana bayi

Ada dua celana bayi yang biasanya dipakai yang pertama celana model pop dan celana buntu. Celana model pop biasanya digunakan saat ingin mengajak si bayi berjalan-jalan, celana model ini juga sekaligus menjadi pelindung bagi diapers yang dipakai. Sedangkan celana buntu adalah celana tanpa lubang kaki, yang berguna untuk memberikan kehangatan pada bayi.

Selimut bayi

Ini sangat berguna saat sedang berjalan atau bepergian karena akan menjaga kehangatan tubuh bayi. Gunakan bahan yang nyaman dan lembut.

Dot dan Alat Sterilisasi Botol Dot

Bayi memang memerlukan ASI untuk nutrisinya dan ASI merupakan asupan yang terbaik namun tidak semua perempuan bisa memberikannya, entah karena faktor fisik atau malah ASInya yang memang tidak keluar. Untuk mengantisipasi itu, susu formula menjadi pilihan yang bisa dilakukan. Pilihlah jenis botol dot yang BPA Free dan jangan lupa selalu lakukan sterilisasi botol setiap selesai digunakan agar terhindar dari kuman.

Tempat tidur bayi

Tidak ada salahnya menyiapkan tempat yang nyaman bagi bayi agar bayi bisa tidur dan istirahat yang nyaman. Sekarang sudah banyak model tempat tidur bayi, orangtua bisa memilih yang sesuai dengan keperluan namun jangan lupa gunakan kelambu agar bayi terhindar dari nyamuk dan binatang kecil lainnya.

Perlak

perlak atau alat pelindung kasur ini digunakan agar kencing bayi tidak merembes ke kasur sehingga perlu dimiliki.

Tisu bayi

Tisu sangat berguna ketika akan membersihkan bayi ketika selesai kencing atau pup. Gunakan tisu yang memang dikhususkan untuk bayi agar kulitnya merasa nyaman.

Itulah beberapa informasi perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan, kalau anda punya tambahan informasi, silakan berikan komentar dibawah ini ya 😀

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.