Ciri-Ciri Popok Bayi Yang Bagus

Penggunaan popok sangat dibutuhkan bagi Si Kecil. Terutama untuk mereka yang belum belajar tentang toilet training.

popok bayi

Namun, memilih popok bayi terbaik yang pas dan sesuai dengan kebutuhan anak mungkin sedikit sulit. Terutama dengan banyaknya merek dan produk yang memiliki klaim keunggulannya masing-masing. Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh produk popok bayi yang bagus.

1.    Terdiri atas tiga lapisan

Ciri popok bayi yang bagus yang pertama adalah terdiri dari tiga lapisan, yakni lapisan dalam, lapisan inti yang di dalamnya terdapat bahan absorben, dan lapisan luar. Tiga lapisan ini berfungsi untuk mempertahankan pH dan membuat kulit bayi selalu kering. Jika Anda menemukan popok bayi yang memiliki lapisan kurang dari tiga lapis, baiknya segera hindari.

2.    Bahan lembut

Selanjutnya, popok bayi yang bagus haruslah terbuat dari bahan yang lembut. Bahan yang lembut akan membuat kulit bayi terlindungi dari iritasi, selain itu juga akan membuat bayi Anda merasa nyaman selama memakai popok.

3.    Daya Serap Tinggi

Salah satu fungsi popok bagi bayi adalah untuk menampung air kencing. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda para orang tua untuk memilih popok bayi yang memiliki daya serap tinggi agar bayi Anda tetap merasa nyaman selama memakainya dan air kencing tidak merembes keluar popok lalu mengenai kulit bayi.

Tentu dengan tiga ciri-ciri tersebut, produk terbaik yang bisa dilihat dipasaran yaitu merries. Sudah banyak review yang diberikan oleh para pengguna popok bayi merries ini.

Tips Menghindari Ruam Popok

Apa pun pilihan Bunda, baik popok sekali pakai atau popok kain, hal penting yang perlu selalu Bunda perhatikan adalah mengganti popok Si kecil secara rutin, terutama jika popoknya sudah basah atau kotor. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah Si Kecil terkena ruam popok. Bunda atau Ayah juga perlu mengganti popok bayi saat memandikan Si Kecil.

Selain itu, untuk mencegah munculnya ruam popok, Bunda juga dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Bersihkan bokong dan selangkangan bayi

Saat mengganti popoknya, Bunda juga perlu membilas bagian bokong Si Kecil dengan air hangat. Selanjutnya, gunakan kapas untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di kulitnya secara perlahan.

Jika ingin membersihkan bokong Si Kecil dengan sabun, pilihlah sabun khusus bayi dengan kandungan bahan kimia yang lembut untuk kulit bayi, tanpa pewangi atau pewarna, serta dapat melembapkan kulit Si Kecil. Setelah itu, jangan lupa keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut. Kamu bisa menggunakan popok terbaik bayi baru lahir untuk menghindari popok bayi yang lembab.

2. Jangan menggunakan popok bayi yang terlalu ketat

Popok yang terlalu ketat bisa membuat bagian tubuh Si Kecil yang tertutup popok menjadi lecet dan terluka. Tak hanya itu, popok yang terlalu ketat juga bisa membuat kulitnya lebih lembap. Hal ini dapat memudahkan pertumbuhan bakteri dan jamur serta berisiko menimbulkan infeksi pada kulit Si Kecil.

3. Gunakan obat salep untuk ruam popok

Jika Si Kecil sering terkena ruam popok, Bunda dapat mengoleskan salep atau krim khusus secara teratur untuk mencegah iritasi pada kulitnya. Jangan lupa ya Bun, untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok Si Kecil.

4. Hindari penggunaan bedak bayi secara berlebihan

Jika rutin dibersihkan dan dikeringkan, kulit bayi akan terlihat bersih dan sehat sehingga Bunda tidak perlu lagi menggunakan bedak bayi. Selain itu, terlalu sering atau terlalu banyak menggunakan bedak bayi juga tidak baik karena berisiko terhirup oleh Si Kecil dan menyebabkan saluran pernapasannya terganggu.

Pastikan anda sebelum membeli popok bayi, mengetahui ciri-ciri dari produk yang bagus. Terdapat produk popok bayi no.1 di  Jepang, yang telah terbukti menjadi popok bayi untuk kulit sensitif dan dapat mengatasi ruam pada kulit.

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.