Cara Tepat Menyimpan Bubuk Coklat Agar Tahan Lama

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya coklat menjadi salah satu makanan favorit masyarakat, khususnya adalah anak-anak, karena memang memiliki cita rasa yang nikmat. Sehingga bahan makanan ini sendiri umumnya juga kerap kali dikombinasikan sebagai bahan tambahan untuk membuat berbagai jenis hidangan menggugah selera yang lainnya, sebut saja diantaranya adalah kue maupun biskuit. Tentunya juga ada beragam bentuk coklat yang dipakai sebagai bahan tambahan aneka hidangan tersebut, salah satunya adalah bubuk coklat.

bubuk coklat

Memang jika dibandingkan dengan coklat batangan, maka bubuk coklat ini sendiri memiliki ketahanan yang lebih lama, dalam pemakaiannya sendiri juga bisa dengan mudah diatur sesuai dengan selera, namun tetap saja coklat bubuk akan mudah rusak, jika seandainya tidak disimpan dengan benar. Berikut ini diantara tips penyimpannya secara tepat, yaitu:

  1. Masukkan kedalam wadah tertutup yang kedap udara, sebaiknya coklat dalam bentuk bubuk ini sendiri tidak ditempatkan dalam sembarangan wadah, melainkan hanya pada tempat yang tertutup rapat, sehingga nantinya tidak memungkinkan kuman masuk ke dalamnya dan mempermudah terjadinya kerusakan.
  2. Simpan di dalam suhu ruangan, agak berbeda dengan coklat batangan yang memang harus disimpan dalam kulkas atau lemari es dengan tujuan agar nantinya tidak mudah meleleh, maka untuk bubuk ini sebaiknya hindari penyimpanan dalam kulkas, karena bisa membuatnya lebih mudah menggumpal.
  3. Simpan pada tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari secara langsung, carilah tempat seperti misalnya adalah lemari penyimpanan bahan makanan yang digunakan untuk menempatkan coklat tersebut, sehingga nantinya coklat lebih awet. Proses penyimpanan yang benar ini nantinya akan membuat coklat tersebut tahan lebih lama, bahkan sampai dengan 2 tahun.

Mudah bukan, bahkan pada dasarnya menyimpan selai coklat ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan coklat batangan yang sangat mudah rusak, jika seandainya pada bagian permukaan sudah terlihat perubahan warna seperti putih-putih dan aromanya juga sudah mulai berubah agak tengik, maka tandanya coklat tersebut telah rusak, jangan digunakan karena berbahaya untuk kesehatan.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.