Cara Tepat Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat pada bayi walau bukan sesuatu yang berbahaya namun bisa menimbulkan masalah bagi si bayi. Ada rasa tidak nyaman yang dirasakannya kalau masalahnya tidak diobati. Biang keringat sendiri biasanya muncul karena cuaca yang panas dan lembab, akibatnya tubuh memberikan respon dengan mengeluarkan keringat dengan banyak. Biang keringat pada umumnya akan hilang dengan sendiri terkecuali terkontaminasi bakteri.

biang keringat pada bayi

Biang keringat ditandai dengan ruam atau bintik-bintik merah yang mengakibatkan rasa gatal pada si bayi. Pada umumnya biang keringat terletak di seputaran leher, punggung, selangkangan, perut, dada bagian atas, lipatan kulit, ketiak, paha, dan kadangkala bisa juga di bagian kepala. Karena rasanya yang gatal, menusuk, dan rasa panas maka bayi akan menjadi gelisah hingga rewel. Selain itu, biang keringat pada bayi sudah jamak terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut dengan tepat?

Cara Mudah Dan Tepat Dalam Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Walau sudah jamak terjadi pada bayi dan bukanlah suatu masalah kesehatan yang berbahaya namun hal itu menjadi tanda bahwa bayi sedang mengalami kepanasan. Akibatnya biang keringat yang gatal hanya akan membuat bayi merasa tidak nyaman dalam beristirahat. Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat:

Sejukkan Ruangan

Ketika cuaca mulai terasa panas, AC atau kipas angin bisa menjadi solusi untuk mendinginkan ruangan namun pastikan jangan langsung diarahkan kepada si bayi. Selain itu, gunakan pakaian yang lebih tipis. Jangan lupa, sediakan juga air putih agar si kecil bisa terhindar dari dehidrasi karena air putih akan mengganti cairan yang keluar.

Memilih Pakaian

Pastikan memilih pakaian dengan jenis serat kain alami seperti katun. Hal itu dikarenakan agar keringat yang berlebih bisa diserap dengan mudah. Hindari pakaian berjenis atau berbahan panas seperti nilon dan poliester. Selain ini, gunakan bahan yang tipis agar bayi tidak merasa gerah. Kalau perlu, alas tidur juga berbahan katun biar kulit bayi terhindar dari masalah iritasi.

Kulit Tetap Sejuk

Sering kali ketika bayi dirasa rewel, orangtua langsung menggendong untuk menenangkan. Sebelum melakukan hal itu, pastikan dulu penyebab rewel. Kalau rewel dikarenakan cuaca panas maka sebaiknya tidak perlu digendong karena bayi akan menghadapi dua arus atau sumber panas yaitu cuaca dan suhu tubuh yang menggendong. Sebaiknya cukup biarkan saja si bayi berbaring di ranjang. Selain itu, salah satu cara untuk mendinginkan kulit bayi adalah dengan menggunakan kain basah yang lembut namun bisa juga dimandikan dengan air hangat -pastikan hanya sebatas suam kuku- jangan sampai kepanasan.

Potong Kuku

Sebenarnya ini tidak berhubungan dengan pengobatan atau mengatasi biang keringat namun memotong kuku menjadi bagian penting yang harus diperhatikan agar kulit bayi terhindar dari luka akibat cakaran karena rasa gatal. Menggunakan sarung tangan dan kaki juga bisa menjadi alternatif untuk mencegah cakaran tersebut.

Hindari Salep dan Krim

Penggunaan salep atau krim hanya akan memperburuk biang keringat karena bisa menyumbat pori-pori atau memerangkap kelembapan. Kalaupun diperlukan, sebaiknya gunakan lotion calamine namun jangan sampai terkena area mata, cukup digunakan di area yang terkena biang keringat.

Itulah beberapa Cara Tepat Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi namun kalau biang keringat tidak juga menghilang dalam waktu tiga atau empat, terlihat lebih parah, atau terkena infeksi, suhu badan terus meningkat maka sebaiknya bergegas untuk berobat ke dokter. Selain itu, sebelum mengunakan krim atau salep pastikan bahwa itu atas saran dokter.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.