Cara Aman Menerjang Banjir dengan Mengendarai Mobil

Mengendarai mobil memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendaranya. Namun, ketika harus menghadapi jalanan yang banjir, maka banyak pengendara mobil akan merasa khawatir dan waspada. Padahal, ada beberap cara aman yang bisa Anda lakukan ketika menerjang banjir saat mengendarai mobil. Berikut ini beberapa diantaranya.

Cek Ketinggian Air

Sebelum menerjang banjir, sebaiknya cek terlebih dahulu ketinggian air yang akan diterjang. Anda dapat mengecek ketinggian air dengan memperhatikan ketinggian air yang dihadapi kendaraan didepan Anda. Bandingkan dengan ketinggian mobil Anda dan prediksikan apakah mobil Anda bisa menerjang banjir tanpa perlu mengorbankan mesin. Setelah yakin, maka mulailah terjang banjir tanpa rasa ragu sekalipun.

Menjaga Jarak Kendaraan

asuransi mobil

Setelah mengecek ketinggian air, maka pastikan Anda selalu menjaga jarak antar kendaraan. Menjaga jarak sangatlah penting karena saat menerjang banjir Anda tidak boleh membiarkan mobil berada dalam keadaan diam. Sebab, ketika mobil berada dalam keadaan berhenti, mesin mobil akan terendam hingga akhirnya membuat mesin mudah berkarat dan rusak.

Lepas Kopling

Ketika menerjang banjir, usahakan untuk tidak menginjang kopling mobil sama sekali. Sebab, menginjak kopling saat banjir bisa membuat kopling terbakar dan menaikkan putaran mesin. Ketika hal tersebut terjadi, maka Anda akan mesin akan rusak hingga membuat mobil mogok di tengah-tengah banjir.

Jalankan dengan Putaran Mesin Rendah

asuransi mobil terpercaya

Ada anggapan bahwa ketika menerjang banjir, Anda perlu membuat putaran mesin lebih tinggi agar air tidak masuk kedalam knalpot. Padahal, hal tersebut justru bisa memperbesar daya isap udara pada mesin hingga akhirnya membuat air masuk kedalam mesin mobil Anda. Sebaiknya, jalankan mobil dengan putaran mesin yang rendah. Putaran 2.000 RPM menjadi putaran yang ideal agar tidak membuat mesin jadi rusak.

Baca:  Video Iklan Amanina Afiqah Ibrahim

Selain melakukan 4 hal diatas, perlindungan terhadap mobil juga perlu dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan membeli asuransi mobil di www.disitu.com. Karena, melalui disitu.com, Anda bisa mendapatkan asuransi mobil secara lebih mudah dan praktis. Jadi, Anda akan tetap merasa tenang walau mobil harus menerjang jalanan yang banjir.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.