Bukabuku.com, Toko Buku Online Termurah Tepercaya

Sudah lama ingin menulis tentang hal ini namun seringkali kelupaan karena kesibukan. Saya suka baca buku dalam artian buku fisik, saya tidak terlalu suka dengan buku elektronik karena mata saya tidak terlalu bisa berkompromi dengan pencahayaan yang agak lama selain itu entah kenapa buku yang hanya bermodal layar sentuh terasa tidak seperti buku. Buku saya memang tidak sebanyak mereka yang memang luar biasa literasinya, saya hanya membeli buku yang kira-kira menarik atau memang lagi diperlukan dalam pekerjaan saja. Selama kuliah di Surabaya dalam rentang tahun 2014 hingga 2016, saya bisa dibilang lebih sering mampir ke toko buku fisik seperti Togamas daripada Gramedia, tentu alasan harga adalah yang menjadi pilihan. Harga yang berbeda antara dua toko fisik itu lumayan bagi seorang mahasiswa seperti saya saat itu. Togamas Diponegoro adalah tempat favorit saya karena dekat dengan kost di daerah ketintang.

Seiring berakhirnya masa kuliah dan di wisuda di tahun 2016, saya kembali ke kampung halaman yaitu Hulu Sungai Selatan, sebuah kabupaten yang letaknya lebih dari 100 Km dari Ibukota provinsi, Banjarmasin. Keinginan untuk membeli buku selalu ada karena terbiasa menyisihkan uang setiap bulan untuk beli buku namun jarak yang jauh dengan Ibukota membuat pembelian buku ke toko fisik menjadi kendala.

Akhirnya setelah melakukan pencarian di google tentang toko buku online yang tepercaya, saya menemukan beberapa laman toko buku yang bisa dijadikan rekomendasi seperti Gramedia, Togamas, MizanStore, Bukabuku, dan Bukukita. Dari lima laman toko buku online tepercaya itu, saya kembali melakukan komparasi harga karena bagaimanapun harga murah tetap menjadi prioritas bagi saya dan akhirnya bukabuku.com menjadi yang paling murah diantara kelima toko buku online tepercaya tersebut.

Baca:  Tempat Jual Pulsa Murah dan Cepat Terpercaya

Beli Buku Online? Di Bukabuku.com Aja

Berdasarkan riset itulah akhirnya saya memulai kembali kebiasaan membeli buku walau kini berbeda menjadi berbelanja secara daring.

Saya pertama kali melakukan pembelian di bulan juli 2017 sebagaimana yang tertera pada gambar di atas, dengan ongkos kirim (ongkir) dikisaran Rp. 36.000,-/Kg (sekarang sudah Rp. 45.000,-/Kg) tentunya menjadi penyelamat dalam dompet. Membeli buku dengan harga ongkir sebesar itu masih lebih murah daripada harus membeli buku secara langsung di toko buku di daerah saya. Kenapa? Karena untuk membeli buku bagus saya harus menempuh jarak lebih dari 100Km agar bisa bertemu toko buku tersebut yang letaknya hanya ada di Ibukota Provinsi -walaupun sekarang ada di kota terdepatnya namun masih tetap lebih dari 100Km- dengan jarak jauh semacam itu tentunya biaya transportasi akan lebih mahal kalau hanya sekadar membeli satu buku apalagi harga buku di toko sudah lebih mahal -karena sudah dinaikkan harganya- dari harga online.

Asumsinya begini, misalnya saya ingin membeli buku seharga Rp. 85.000 (harga online) -namun di toko buku bisa lebih dari 100ribuan- maka saya harus menambahkan lagi rinciannya lainnya Rp. 100.000,- untuk biaya transportasi, Rp. 50.000,- untuk konsumsi, dan Rp. 300.000,- untuk dana tidak terduga. Tentu itu sangat merepotkan dan itu adalah biaya satu hari pergi pulang, kalau menginap maka biaya akan bertambah.

Sejarah transaksi di bukabuku.com

Transaksi terbaru saya seperti yang terlihat di gambar adalah Januari namun sebenarnya februari saat saya melakukan pembelian 5 buku Tere Liye series Si Anak yang berganti sampul depan. Namun karena buku tersebut tidak pernah tersedia akhirnya saya melakukan pergantian atau dengan kata lain dibatalkan.

Baca:  Tahun 2013 Tanpa Resolusi Baru
Buku yang dibatalkan
Buku pengganti

Namun satu catatan dari bukabuku.com ini adalah masih kurang lengkapnya buku yang diperlukan dan itulah kenapa bisa terjadi pembatalan, padahal buku yang saya cari adalah buku yang masih tersedia di toko buku offline dan masih baru seperti buku Tere Liye tersebut namun kenyataannya malah tidak pernah tersedia, padahal hampir satu bulan saya menunggu dan beruntung ada buku baru yang diminati. Terlepas dari itu, pelayanan bukabuku sangat ramah dan untuk pembayarannya sangat mudah tanpa harus upload bukti pembayaran sebagaimana toko buku lainnya.

Dan diakhir kisah ini, terima kasih bukabuku.com atas pelayanan dan kiriman bukunya selama ini.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.