Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia – Ngeblog di era banyaknya media sosial memang bukanlah perkara mudah. Blog memang sempat booming di Indonesia pada beberapa tahun silam namun dalam beberapa saat belakangan ini, hembusan angin blog mulai mereda karena terhalang banyak kendala. Ngeblog memang bukan perkara mudah karena ia perlu sebuah konsistensi serta ide-ide yang mesti dicari agar ia tak terdiam membisu saja di otak. Ngeblog memang tak perlu sebuah kemahiran menulis atau juga pemahaman bahasa yang baku karena ia bisa bersifat santai layaknya menulis diary. Blog sendiri awalnya adalah diary online yang berguna untuk menyimpan berbagai kenangan yang kita alami agar bisa tetap bisa kita kenang entah sampai kapan, mungkin sampai internet tak lagi diperlukan di dunia ini.

Selain kendala dalam hal pribadi seperti konsistensi dan juga ide-ide untuk menulis, adanya jejaring sosial lain semacam facebook dan twitter juga membawa pengaruh buruk bagi para blogger. Ada banyak blogger yang saya kenal mulai meninggalkan dunia blog dan berpindah menjadi facebooker atau juga menjadi seorang pengguna twitter sejati. Mudah, Singkat dan Cepat itulah beberapa alasan kenapa banyak teman saya pindah karena mereka menganggap menulis status di FB atau Twitter itu mudah tak perlu banyak ide bahkan terkadang cukup menulis ‘Met Pagi’ saja sudah banyak yang berkomentar untuk membalasnya, Singkat karena tak perlu ratusan atau juga ribuan kata untuk bisa jadi tulisan cukup satu atau dua kata saja sudah mampu menjadi ‘tulisan’. Cepat dalam artian respon dari para ‘kolega’ di facebook dan twitter adalah alasan yang lumayan kuat menjadi alasan mereka, kalau tulisan di blog terkadang seharian atau juga terkadang sampai bertahun-tahun ada saja tulisan terlantar tanpa komentar dari siapapun tapi di FB atau Twitter itu hampir tak berlaku walau terkadang tak ada komentar namun tombol ‘like’ di FB bisa membuat sumringah sang pemilik akun.

Jadilah Blogpreneur Indonesia

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia – Kata teman-teman blogger, sekarang sudah saatnya diKTP juga harus tertulis pekerjaan Blogger karena katanya banyak blogger yang mapan dari hasil ngeblog saja. Maka tak salah kalau Blogger Nusantara ingin menjembatani para blogger nusantara untuk menjadi Blogpreneur Indonesia. Blogpreneur sendiri berasal dari dua kata yaitu Blog dan Entrepreneur. Blog merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum [sumber : wikipedia] sedangkan Entrepreneur dalam bahasa Indonesia sering diartikan sama dengan wiraswasta atau wirausaha atau dengan kata lain entrepreneur adalah orang yang mampu membangun dan menangani usaha dengan kemauan dan kemampuan sendiri. Jadi kesimpulannya Blogpreneur adalah blogger yang mampu mengelola blognya sendiri[blog pribadi] menjadi bisnis yang menghasilkan melalui tulisan.

Memang orang sering berpikir apa gunanya bermain blog, tak ada gunanya hanya buang-buang uang saja namun persepsi mereka ada juga benarnya namun juga ada salahnya. Kalau mereka tahu bahwa sebenarnya ngeblog juga bisa menghasilkan uang. Memang banyak orang pesimis saat bisa dibilang bahwa dari blog bisa dapat uang. Bagi sebagian yang percaya mungkin akan berusaha untuk mencari tahu akan kebenaran cerita itu dan pada akhirnya mungkin akan mentok pada sebuah persepsi bahwa untuk dapat uang dari blog mesti menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Namun bukan blogger namanya kalau tidak bisa mensiasati masalah itu, maka bertebaranlah para penulis konten untuk membantu blogger dalam menulis bahasa asing tersebut. Namun ditengah hegemoni para pemburu dollar tersebut ternyata isi kantong para blogger tak melulu berisi dollar tapi juga rupiah. Itu berarti di Indonesia sudah mulai marak para perusahaan Indonesia yang beriklan di Internet.

Untuk mencari segepok uang dari ngeblog bisa menggunakan banyak cara mulai dari pemasangan iklan, review produk hingga jualan link. Untuk penghasil uang dollar tentu tak perlu dibahas lagi karena saya yakin teman-teman blogger lain pastinya telah mengetahui namun untuk meraup rupiah memang sudah banyak juga yang tahu namun hanya beberapa saja yang bisa memuaskan kantong. Salah satu tempat penghasil rupiah terbaik di Indonesia saat ini [menurut pribadi] adalah IBN (idblognetwork). Iklan-iklan IBN sendiri bagi saya bonafit karena berasal dari perusahaan terkemuka bahkan juga ada pemerintah. Dan yang lebih menggiurkan adalah job reviewnya yang cukup untuk membayar tagihan speedy saya hingga 10 bulan :).

Apa itu Blogger Nusantara

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia – Berdirinya Blogger Nusantara atau Paguyuban Blogger Nusantara adalah sebuah tindakan nyata dari sebuah ide ‘gila’ dari sebuah catatan di Facebook yang ditulis Mas Gempur. Ide ‘gila’ tentang adanya sebuah kopdar 1000 blogger secara offline tersebut ternyata ditanggapi secara antusias oleh teman-teman blogger lain dan yang mengembirakan disaat itu adalah adanya dukungan dari Mbak Mubarika Darmayanti selaku Director of Business IBN (idblognetwork) dengan memberi statemen yang menarik, IBN = Iam Blogger Nusantara. Sejak adanya statemen dari Mbak Mubarika Darmayanti tersebut saya mulai yakin akan kelanjutan ide ‘gila’ tersebut karena itulah saya langsung menulis postingan yang berjudul ‘I’m Blogger Nusantara’. Kenapa saya begitu yakin bahwa Kopdar 1000 Blogger Nusantara tersebut akan terealisasi hanya bermodal sebuah statemen dari seorang Mubarika Damaryanti karena IBN (idblognetwork) sendiri sanggup menggelar BLOGILICIOUS 2011 di tujuh kota : Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Jogjakarta, Bandung dan Jakarta. Jadi tak ada sedikit alasanpun bagi saya ragu. Dan ternyata keyakinan saya akhirnya berbuah manis, kini Kopdar 1000 Blogger Nusantara tinggal menunggu waktu saja. Kopdar 1000 Blogger Nusantara akan digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

Jadi, mari kita kopdar di Kopdar 1000 Blogger Nusantara untuk menjadikan Blogger Nusantara sebagai Blogpreneur Indonesia.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

15 Comments

Add a Comment
  1. Semangat sob, semoga bisa menghadirinya dan acaranya lancar.

  2. Wah, makin banyak ya komunitas blogger di nusantara. Moga sukses 🙂

  3. blogger nusantara blogpreneur indonesia

    Maju trus blogger Indonesia 🙂

  4. Mudhan lancar jaya sampe akhir 🙂

  5. Mudhan lancar jaya sampe akhir 🙂

    Rombongan kalsel lancaaaar 🙂

  6. semangat bro…………..

  7. semangat gannnnnnnnnnnn

  8. yup…
    blogger nusantara tinggal menunggu waktu saja.

    apa yang sebelumnya hanya muatan ide kini mulai mewujud dan menjadi nyata.

    sukses untuk semua blogger nusantara.

    salam

    1. semoga kopdar blogger nusantara berjalan sukses sehingga nantinya ngeblog jadi lebi asyik.

  9. Tinggal menghitung hari ja nah lagi event Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia sudah di dpan mata 🙂

  10. Bagus banget mas artikenya.. mantap!

  11. Busana muslim terbaru

    ayo maju terus blogger IND …….biar tambah indehoy

  12. semangat dan bangga menjadi blogpreneur 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.