7 Bisnis Kuliner Modal Kecil Tapi Untung Besar

Bisnis kuliner adalah salah satu usaha yang cukup banyak diminati. Ada beberapa alasan mengapa usaha yang satu ini tidak pernah sepi bahkan selalu ramai dan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, diantaranya adalah modal yang tidak terlalu besar namun mampu menghasilkan keuntungan yang lumayan, pemasarannya mudah, bisa dikerjakan dari rumah dan sebagainya.

bisnis kuliner yang menjanjikan
sumber: merdeka.com

Apabila saat ini anda tertarik ingin membuka usaha atau bisnis kuliner, namun belum menemukan ide yang pas untuk jenis kuliner apa yang cocok dan berpotensi menghasilkan keuntungan,

Berikut ini ada beberapa jenis usaha/bisnis kuliner yang mungkin bisa anda coba.

Minuman Dingin

Jika daerah tempat anda membuka usaha berada pada kawasan yang ramai, bisa mencoba untuk membuka bisnis kuliner berjualan minuman dingin. Ada banyak jenis minuman dingin yang bisa disajikan seperti, es cream, es cendol, es kelapa muda, jus buah dan lainnya. Rata-rata, modal yang diperlukan untuk bisa membuka usaha jualan minuman dingin tidaklah terlalu besar karena memang bahan yang digunakan terjangkau dan mudah didapatkan. Jenis usaha seperti ini sangat cocok dijalankan pada daerah yang ramai, seperti taman, dekat sekolahan dan kantor.

Warung Kopi

Dalam beberapa tahun terakhir, usaha kedai kopi atau caffe memang berkembang pesat, dapat kita lihat dengan banyaknya caffe yang bermunculan. Meski begitu, warung kopi sederhana masih memiliki pasarnya tersendiri karena dinilai lebih murah dalam segi harga. Jika anda tertarik ingin membuka warung kopi, bisa menentukan ingin membuka warung kopi dengan konsep seperti apa. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi atau keadaan tempat lokasi usaha, jika daerah sekitar lokasi lebih berpotensi membidik kalangan anak muda, maka bisa membuka warung kopi dengan konsep yang kekinian namun dengan harga bersahabat. Buat warung kopi dengan desain yang unik, santai dan menyajikan aneka menu dengan harga yang pas dikantong anak muda, dengan begitu, usaha ini bisa jadi ramai dan diminati banyak orang.

Baca:  4 Kuliner Malam saat Liburan di Solo ini Wuenak Tenan, Cah!

Jualan Kue

Bisnis kuliner berikut ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah, yaitu dengan berjualan kue. Terlebih jika memang ada keahlian dalam bidang membuat kue. Tidak perlu harus membuka warung untuk bisa memasarkannya karena kini ada beragam cara dalam memasarkan produk salah satunya yaitu lewat media sosial atau lewat online. Nah, anda bisa membuat beragam jenis kue atau fokus ke salah satu jenis kue saja. Jika rasanya enak dan banyak yang tertarik membeli, anda bisa menambah jumlah produksi kue untuk mendapatkan untung yang lebih besar.

Keripik

Jenis makanan ringan atau cemilan ini memang digemari banyak kalangan, seperti anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Selain itu, keripik bisa dinikmati dalam berbagai suasana, seperti saat sedang menonton film, bersantai, membaca buku atau teman minum kopi. Jika bisa mengolah keripik yang renyah dan gurih, maka kemungkinan laku juga sangat besar. Saat ini, ada banyak pelaku bisnis kuliner dengan produk keripik yang sukses memasarkan hingga ke berbagai daerah. Dengan pengemasan yang menarik, inovasi produk serta harga yang bersaing, usaha seperti ini sangat mungkin berjalan sukses.

Bakso

Jenis kuliner ini termasuk banyak peminatnya, oleh sebab itu jangan heran jika banyak pula pedagang bakso. Jika didaerah anda belum ada usaha seperti ini dan anda punya keahlian dalam membuat sajian bakso yang nikmat, maka sangat layak untuk dicoba. Untuk tempat usaha berjualan bakso, anda bisa memanfaatkan halaman rumah dengan gerobak bakso ditambah beberapa tempat duduk dan kursi untuk tempat makan pengunjung. Letak kelezatan pada bakso terletak pada pentol dan kuahnya, jadi sebisa mungkin sajikan dua bahan ini dengan rasa dan kualitas terbaik jika ingin bisnis kuliner anda menghasilkan keuntungan.

Baca:  Resep Praktis Membuat Omelet Telur Tahu dengan Taburan Daun Bawang

Aneka Gorengan

Gorengan menjadi jenis kue yang sering dicari karena rasanya yang nikmat dan pas untuk teman saat bersantai. Untuk membuka usaha jual gorengan sangatlah mudah dan tidak perlu modal banyak, hanya diperlukan beberapa bahan seperti tepung, minyak goreng, tahu, tempe, pisang dan sayur. Walaupun keuntungan yang didapatkan dari per gorengan sedikit, namun rata-rata pembeli biasanya membeli gorengan lebih dari satu sehingga jika ditotalkan laba yang diperoleh lumayan juga.

Pencok Buah

Campuran aneka buah dengan saus gula merah dan kacang yang gurih memang sangat nikmat. Anda bisa mencoba usaha lainnya yang tidak kalah menarik yaitu berjualan pencok buah. Dari beberapa jenis buah-buahan yang mudah didapatkan dan harganya murah, seperti nanas, timun, mangga muda, semangka dan lainnya, 1 porsi pencok bisa dijual dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 7-10 ribu rupiah. Banyak orang yang menyukai atau mencari pencok buah karena rasanya yang segar dan kaya akan aneka rasa.

Demikian tadi 7 jenis bisnis kuliner yang bisa anda coba. Mungkin saja salah satu diantaranya menarik untuk anda coba dan jalankan. Semoga bermanfaat dan sukses buat anda yang saat ini sedang berupaya untuk menjalankan sebuah usaha.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.