Beragam Cara Untuk Bermain dengan Bayi Anda

Memiliki bayi tentu menjadi hal yang sangat menggembirakan bagi para orang tua. Karena bayi tergolong menggemaskan dan membuat siapapun senang ketika berada di dekatnya. Namun, tak hanya itu, bayi juga perlu mendapatkan perhatian dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Ya, fase pertumbuhan dan perkembangan sangat ditentukan ketika seorang bayi baru lahir atau dibawah usia 2 tahun karena punya peranan besar dalam membantu masa depannya nanti.

cara bermain dengan bayi

Perkembangan anak perlu menjadi perhatian orang tua karena sangat menentukan kecerdasan di masa yang akan datang. Untuk membantu perkembangan bayi 3 bulan, perkembangan bayi 5 bulan hingga perkembangan bayi 1 tahun, Anda perlu memberikan rangsangan motorik kepada anak Anda. Rangsangan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan berbagai cara, salah satunya yakni dengan mengajaknya bermain di rumah Anda. Bagaimana cara bermain yang bisa melatih saraf motorik? Berikut ini beberapa diantaranya :

Ajak Berjalan berkeliling rumah

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan rangsangan motorik kepada bayi Anda yakni dengan cara mengajaknya berjalan keliling rumah. Anda dapat menggendong bayi Anda dan mengajaknya berjalan-jalan keliling rumah agar dapat memberikan rangsangan pada motoriknya. Ajak bermain dengan menggoyang-goyangkan bayi Anda selagi digendong sambil berjalan-jalan keliling rumah. Cara ini dapat secara efektif merangsang motorik anak Anda dalam fase perkembangan bayi 5 bulan sekaligus membantunya agar tidak bosan saat dirumah.

Ajak berguling perlahan

Ingin bermain-main dengan bayi Anda di kasur sambil melatih saraf motoriknya? Tenang, Anda dapat melakukannya dengan cara mengajaknya berguling secara perlahan selagi dikasur. Tempatkan bayi Anda di pangkuan Anda kemudian ajak untuk berguling secara perlahan sambil menggodanya. Cara ini bisa membuat bayi secara aktif bermain sekaligus melatih motoriknya agar dapat berinteraksi dengan orang disekitarnya termasuk Anda sebagai orang tuanya.

Baca:  Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Batita

Itulah dua cara yang bisa dilakukan untuk bermain bersama bayi dan melatih saraf motoriknya. Melakukan kedua hal diatas dapat berperan besar terhadap perkembangan kognitif bayi Anda sehingga Anda perlu melakukannya secara rutin saat dirumah. Selamat mencoba!

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.