Begini Doa Nabi Yunus, Selamat dari Perut Ikan Paus Selama 3 Hari

Doa nabi Yunus ini dikenal dengan salah satu doa yang sangat mustajabah. Nabi Yunus mengucapkan doa ini ketika beliau sedang berada dalam musibah besar yang menyangkut hidup dan mati. Kala itu beliau tengah ditelan ikan paus ketika sedang menenangkan diri dalam keadaan marah di laut.

Sungguh besar kuasa Allah SWT menyelamatkan nabi Yunus dari musibah besar tersebut. Dalam perut ikan paus, nabi Yunus tidak serta merta diam namun senantiasa melantunkan doa yang membuatnya selamat dari musibah tersebut. Tidak hanya berdoa, namun nabi Yunus pun mengakui akan kesalahannya dan berkali-kali memohon ampun kepada Allah.

Banyak ulama yang mulai melakukan amalan nabi Yunus ini ketika sedang berada dalam musibah atau sebagai dzikir setelah sholat.  Berikut ini doa yang diucapkan oleh nabi Yunus ketika berada dalam perut ikan paus.

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin. Artinya, tidak ada Tuhan selain engkau. Maha suci Engkau sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzalim.

Nabi Yunus terus mengucapkan doa nabi Yunus tersebut ketika dalam perut ikan paus, yang mana ia mengakui kesalahannya telah berbuat dzalim dan terus memohon ampun atas kuasa Allah.

Dalam doa ini terdapat tiga poin keistimewaan, diantaranya ialah pengakuan tauhid, yakni percaya atas keagungan Allah SWT, pengakuan atas dosa yang dilakukan, dan permohonan ampun kepada Allah SWT. Doa ini juga sering disebut sebagai doa Dzun Nuun.

Doa ini digunakan nabi Yunus AS untuk berdzikir yang mana menggantikan kesulitannya menjadi kebahagiaan dengan kekuasaan Allah SWT yang diberikan, yakni nabi Yunus tidak Mati tetapi dikeluarkan dari perut ikan paus secara utuh untu kembali melakukan tugasnya.  Dalam keadaan tersebut tertuang rasa bersalah dan memohon ampunan kepada Allah.

Para ulama pun melakukan amalan doa ini untuk menghilangkan kesusahan dan kepedihan, agar digantikan dengan kebahagiaan. Oleh karenanya, doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika setelah selesai sholat. Doa nabi Yunus ini bisa dijadikan sebagai perantara meminta kepada Allah agar diangkatkan musibahnya dan digantikan dengan kebahagian sebagaimana yang pernah terjadi dengan nabi Yunus AS.

Doa ini dianjurkan dibaca pada waktu-waktu yang mustajabah, yakni setelah solat ashar dan setelah solat maghrib.  Ada yang menganjurkan untuk membaca sebanyak 40 kali doa tersebut tanpa terputus pada waku-waktu mustajabah, adapula yang mengatakan untuk membacanya sebanyak 1000 kali dalam sehari.

Dalam berdoa tentu diperlukan hati yang khusyuk dan perasaaan penuh ketika memohon kepada Allah SWT agar doa-doa diijabah. Meskipun dilakukan diwaktu yang mustajabah apabila dilakukan dengan tidak khusyuk pun akan sulit menembus langit. Begitulah kisah dan pengamalan doa nabi Yunus  semoga bisa bermanfaat.

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.