Beberapa Bagian Tempat Tidur Bayi Yang Perlu Diperhatikan

Salah satu perabotan yang jadi incaran ketika pasangan memiliki bayi adalah tempat tidur bayi. Tempat tidur bayi tentunya sangat beragam bentuk dan bahan yang digunakan, hal ini tentunya berbeda dengan tempat tidur orang dewasa atau remaja. Selain itu ada beberapa bagian tempat tidur bayi yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli atau memilikinya.

bagian tempat tidur bayi

Beberapa Bagian Tempat Tidur Bayi Yang Perlu Diperhatikan

Sebagaimana tempat tidur pada umumnya, pasti ada beberapa bagian yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli,apalagi tempat tidur bayi yang sangat sensitif. Berikut beberapa bagian tempat tidur bayi tersebut:

  • Material dan Bahan yang digunakan pada tempat tidur bayi diharapkan aman dan tidak beracun bagi si bayi karena tingkat sensitivitas yang berbeda dari orangtua, selain itu bahan stainless lebih baik daripada penggunaan bahan besi.
  • Pembatas tempat tidur bayi ada yang bisa ditarik atau dibuka karena bentuknya seperti pintu namun bentuk semacam itu disarankan karena berisiko pada keselamatan si bayi.
  • Kasur yang digunakan pada tempat bayi harus tidak terlalu empuk, tahan air, dan nyaman. Kasur yang terlalu empuk bisa mengakibatkan Sudden Infant Death Syndrom (SIDS) pada bayi. Selain itu, usahakan ukuran kasur harus pas dengan ukuran tempat tidur agar tidak ada celah yang pada sudut-sudutnya.
  • Kasur dan sprei yang digunakan lebih baik yang bahan katum karena akan lebih mudah menyerap keringat bayi dan akan membuat tidurnya terasa lebih nyaman.
  • Kelambu juga menjadi salah satu yang diperhatikan agar si bayi terhindar dari gigitan nyamuk, gunakan kelambu yang lebar dan panjang dari ukuran tempat tidur bayi.

Hal Lain Yang Perlu Di Kamar Tidur Bayi

Selain tempat tidur bayi, ada beberapa hal yang juga diperlukan untuk memberikan kenyamanan bagi si bayi.

Baca:  Review Toyota Avanza & Daftar Harga Avanza 2019

Lemari Pakaian Bayi

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga memerlukan lemari pakaian untuk menyimpan segala keperluannya, ntah itu lemari besar atau sekadar rak plastik namun pastikan memiliki ruang penyimpanan yang besar untuk pemenuhan keperluan jangka lama.

Tong Sampah Popok

Sekarang banyak sekali jenis tempat sampah, salah satunya adalah tempat sampah anti bau. Tempat sampah ini cocok untuk kamar bayi karena akan menghemat waktu akibat bolak balik demi membuang tumpukan sampah popok.

Lampu Malam

Selain berfungsi memberikan penerangan, lampu malam yang tertutup sempurna akan membuat bayi terasa hangat dan nyaman sehingga tidurnya menjadi lebih berkualitas. Selain itu, lampu malam juga akan memberikan keleluasaan dalam bergerak bagi orangtua saat akan membuatkan susu daripada tidur tanpa penerangan.

Pendingin Ruangan

Ini memang tidak terlalu wajib namun kalau memungkinkan diharapkan ruangan bayi menggunakan pendingin ruangan. Cuaca yang relatif panas di siang hari tentunya akan membuat bayi gerah, padahal bayi akan lebih nyaman tidur di ruangan yang sejuk. Alternatif lain, anda bisa menggunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan, selain murah, bunyi kipas angin juga memiliki dengung yang membuat bayi nyaman untuk tidur.

Karpet Lembut

Ruangan bayi sebaiknya memiliki karpet yang lebut agar ketika bayi sedang bermain di lantai bisa leluasa tanpa merasa kedinginan. Karpet juga akan membantu ketika si kecil mulai belajar untuk merangkak.

Warna Kamar Bayi

Usahakan agar kamar bayi memiliki perpaduan warna yang nyaman dan netral, selain itu pilihlah cat yang berkualitas agar tidak mudah terkelupas.

Itulah sementara info Beberapa Bagian Tempat Tidur Bayi Yang Perlu Diperhatikan serta hal yang perlu dimiliki di kamar bayi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu sekalian.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.