Apa Bahaya Gigi Berlubang dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Sering kali diantara kita meremehkan tentang masalah kesehatan gigi. Hal itu berakibat banyak diantara kita rentan terkena gangguan gigi berlubang. Apalagi karena letak yang tidak terlihat sehingga tak acuh terhadap kesehatannya. Namun ketika sakit baru terasa pentingnya menjadi kesehatan gigi. Salah satu dampak permasalahan gigi yang sering terjadi adalah gigi berlubang.

Gigi bisa dikatakan sebagai gerbang kesehatan pada tubuh, gigi yang sehat akan mencegah dan mengindarkan kita dari ancaman infeksi. Gigi berlubang biasanya sekitar bagian belakang, gigi geraham. Nah, ada beberapa bahaya dari mendiamkan gigi berlubang, berikut penjelasannya:

Bahaya Gigi Berlubang Bila Dibiarkan

Gigi berlubang seringkali terlihat pada gigi anak-anak namun tidak juga tertutup pada gigi orang dewasa. Gigi geraham atau bagian dalamnya menjadi salah satu tempat yang pali sering terjadi lubang gigi. Gigi berlubang biasanya ditandai ada lubang warna hitam atau coklat.

Nyeri

Rasa nyeri akibat gigi berlubang, tidak bisa tak acuh karena bisa saja menjadi hal buruk. Rasa nyeri yang mendadak muncul namun kemudian reda secara tiba-tiba, tak lama setelahnya akan terasa sangat sakit karena menyebar hingga terasa ke telinga dan rahang, bahkan bisa membuat sakit kepala. Rasa nyeri ini tentunya akan membuat segala kegiatan rutin menjadi terganggu dan bisa malah membuat anda menjadi sensitif yang berakibat suka marah hanya karena masalah kecil.

Abses

Salah satu akibat tidak diobatinya gigi berlubang adalah terjadinya infeksi di mulut, rahang, atau pulb. Penyebaran ini menyebabkan terbentuknya abses atau kantong nanah di sekitar gusi atau gigi. Hal itu akan menyebabkan rasa sakit yang perih. Abses terjadi karena penumpukan bakteri di dalam mulut.

Baca:  Jenis-Jenis Kelainan Seksual Pada Perempuan

Jantung

Berdasarkan penelitian terbaru dikatakan bahwa penyakit jantung berhubungan dengan penyakit gigi dan gusi. Hal itu dikarenakan bakteri yang berada di dalam mulut akan memasuki aliran darah dan menyebabkan infeksi di otot dalam bagian jantung. Infeksi ini memerlukan pengobatan lebih lanjut dan antibiotik.

Stroke

Selain jantung, penyakit lain yang terhubung dengan kondisi gigi dan gusi adalah penyakit stroke. Penelitian menemukan adanya hubungan sebab akibat infeksi oral terhadap penyakit stroke. Kedua penyakit tersebut, jantung dan stroke mempunyai risiko yang sama yaitu kematian.

Penyakit Gusi

Gigi berlubang tentunya punya risiko terkena penyakit gusi atau gingivitis. Hal itu ditandai rasa nyeri akibat adanya peradangan pada gusi yang kemudian menyebar ke gusi lainnya. Gusi akan terasa bengkak dan nampak memerah. Gusi juga kan berdarah ketika disikat.

Struktur Rahang

Membiarkan gigi berlubang dalam jangka waktu lama akan membuat lubang semakin meluas dan infeksi akan menyebar. Penyebaran tidak hanya berkutat di seputaran gigi namun juga akan meluas ke gusi. Gigi berlubang yang dibiarkan akan mengakibatkan pembusukan sehingga akan membuat gigi bergeser, pergeseran itu tentunya akan mempengaruhi pada struktur rahang.

Cara mengobati gigi berlubang

Cara cepat untuk mengobati gigi berlubang adalah dengan berkonsultasi dengan dokter agar bisa ditangani secepatnya sehingga bisa dilakukan tindakan yang tepat. Dokter akan memberikan solusi yang tepat, apabila lubang gigi membesar kemungkinan akan ditambal.

Selain solusi medis, ada cara mengobati gigi berlubang secara alami yang bisa dilakukan untuk jangka pendek seperti penggunaan garam, dengan melarutkan garam pada air hangat kemudian dikumur-kumurkan ke tempat gigi yang sakit. Selain garam, ada juga yang menggunakan bawang putih, akar manis, kunyit, dang cengkeh.

Baca:  7 Makanan yang Dapat Dikonsumsi untuk Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Namun berkonsultasi ke dokter adalah pilihan terbaik agar tidak terjadi masalah di lain hari. So, jangan lupa jaga kesehatan gigi dan jangan sepelekan gigi berlubang.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.