7 Makanan yang Dapat Dikonsumsi untuk Mempercepat Penyembuhan Cacar Air

Ada yang mengatakan bahwa penyakit cacar air pada dasarnya akan menyerang manusia sekali dalam seumur hidup, apalagi sekarang ini sudah ditemukan vaksinasi yang bisa digunakan untuk mencegahnya. Namun tidak bisa dipungkiri juga bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh lemah, maka nantinya dapat terkena cacar air lebih dari sekali. Karena pada dasarnya jenis penyakit ini mudah sekali menular lewat udara dari orang yang terjangkitinya. Apalagi pada anak-anak yang memang sistem imunsnya masih begitu lemah.

cacar air

Jika sudah terserang cacar air , maka langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berobat, perbanyak juga istirahat, karena hal ini sangatlah efektif di dalam meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga pemulihan menjadi jauh lebih cepat. Dengan konsumsi makanan yang bergizi nantinya juga sangat membantu dalam mempercepat pemulihannya, berikut ini yang dapat diberikan pada buah hati, yaitu:

  1. Kacang hijau, kacang-kacangan ini kaya akan kandungan senyawa bermanfaat seperti diantaranya adalah vitamin B dan juga E, juga tinggi kadar protein di dalamnya yang berfungsi dalam pembentukan sel-sel tubuh yang baru dan juga menggantikan sel-sel yang lama, sehingga bisa mempercepat penyembuhan luka bekas cacar tersebut.
  2. Yoghurt, tentunya tidak asing lagi dengan olahan susu yang satu ini bukan. Selain bagus dalam melancarkan pencernaan, maka makanan yang satu ini nyatanya juga bagus untuk meningkatkan sistem imunitas, membantu tubuh dalam melawan virus penyebab cacar air tersebut.
  3. Oatmeal, tak hanya dikenal enak dan minim kalori, melainkan oatmeal juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus-virus penyebab cacar ini dapat dilawan secara alami, mempercepat terjadinya penyembuhan.
  4. Telur, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya bahan makanan yang satu ini kaya akan kandungan protein di dalamnya yang berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh yang baru. Sayangnya banyak orang yang salah mengira bahwa telur ini justru akan memperparah penyakit cacar.
  5. Alpukat, buah ini tak hanya mengenyangkan, melainkan juga kata akan vitamin, diantaranya adalah vitamin B kompleks, vitamin C dan juga mineral yang semuanya memiliki peran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, meningkatkan sistem imuns. Hingga dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena cacar.
  6. Bawang putih, bumbu dengan aroma khas ini dapat meningkatkan sistem imuns dan juga secara perlahan dapat meredakan panas atau demam yang menjadi salah satu gejala awal dari penyakit cacar tersebut, campurkan pada menu yang dibuat di rumah, termasuk diantaranya adalah sup hangat.
  7. Jahe, kaya akan efek antioksidan yang begitu bagus untuk menangkal radikal bebas, sehingga tubuh lebih terlindungi dari bahaya virus cacar.
Baca:  Manfaat Lampu LED pada Sepeda Motor

Tentunya tetap diimbangi dengan konsumsi obat-obatan dan istirahat untuk mempercepat penyembuhannya.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.