6 Pantai di Yogyakarta yang Memiliki Panorama Indah

Berbicara soal destinasi wisata di Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya. Kota ini punya paket wisata lengkap, mulai dari wisata alam dengan pemandangan memukau hingga kuliner legendaris untuk dicicipi.

Dari sekian banyak pilihan wisata alam di Yogyakarta, deretan pantai di Gunungkidul dan sekitarnya bisa jadi pilihan menarik jika Anda suka mantai. Pantai-pantai di Yogyakarta dikenal punya ombak besar khas Laut Selatan, tapi ada juga yang ombaknya tergolong tenang sehingga aman untuk berenang.

Agar lebih jelas, di bawah ini ada beberapa pantai indah di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi ketika liburan ke Yogyakarta.

1. Pantai Wediombo

Pantai ini berada di timur yaitu di deretan Pantai Selatan Gunungkidul. Bisa dikatakan jika Pantai Wediombo adalah salah satu pantai terindah yang ada di Yogyakarta sehingga tidak heran jika tempat wisata pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Anda bisa menyaksikan keindahan pasir putih kecoklatan dan juga air lautnya yang jernih. Selain itu ada sebuah kolam alami yang dikelilingi batu karang yang aman untuk tempat berenang. Tapi Anda tetap harus awas jika ada ombak besar karena ombaknya bisa masuk ke kolam alami ini dan bisa membuat Anda terhempas ke batuan karang di sekitarnya.

Pasir putih yang luas dan kolam alami ini lah yang jadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan juga keadaan alam yang masih  alami. Hal ini menjadikan tempat wisata pantai ini menjadi salah satu pantai populer yang ada di Yogyakarta yang sayang jika tidak Anda kunjungi.

Pengelolaan wisata di pantai ini juga sudah baik dan kebersihan lingkungan di pantai ini juga terjaga. Pantai yang sering disebut surga tersembunyi ini letaknya berada di bukit karang. Di pantai ini ada sebatang pohon Duras di bibir pantainya. Pohon ini katanya termasuk pohon yang sulit tumbuh sehingga keberadaannya di pantai ini sangat dijaga. Bahkan pengunjung dilarang naik ke pohon ikonik pantai ini. Oh ya, pohon ini merupakan salah satu tempat favorit untuk berfoto di Pantai Pok Tunggal ini.

3. Pantai Baron

Tempat wisata Pantai Baron ini sedikit berbeda dengan tempat wisata pantai lainnya. Kenapa berbeda? Hal ini karena jika di pantai lain memiliki hamparan pasir yang berwarna putih, berbeda dengan Pantai Baron yang memiliki pasir berwarna agak kehitaman.

Hal unik lainnya yang ada di pantai ini adalah ukurannya yang besar dan juga lebih mirip seperti teluk bukan pantai. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki dua jenis air yaitu air asin dan air tawar. Setiap lima tahun sekali aliran air yang ada di pantai ini akan berubah arah yaitu mengalir ke bagian timur sebelum akhirnya akan bermuara ke laut.

Tempat wisata ini seringkali digunakan warga sekitar untuk melakukan upacara sedekah laut sebagai bentuk rasa syukur mereka atas panen yang diperoleh. Di tempat wisata ini juga Anda bisa menikmati seafood yang enak. Jika Anda ada keinginan untuk berenang harap untuk selalu berhati-hati karena ombak yang dimiliki pantai ini cukup besar.

4. Pantai Parangtritis

Pantai ini berada di bagian pesisir Yogyakarta dan sudah menjadi salah satu ikon-nya wisata Yogyakarta. Pantai parangtritis memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya yaitu berupa gunung-gunung pasir yang ada di sekitar pantai.

Selain itu di pantai ini punya hamparan pasir yang begitu luas dan menyediakan penyewaan kuda atau delman untuk menyusuri pinggir pantainya. Pemandangan matahari tenggelam di pantai ini begitu magis lho!

5. Pantai Jogan

Pantai indah yang ada di Yogyakarta berikutnya adalah Pantai Jogan yang terletak di daerah Tepus. Hal menarik dari pantai ini adalah anda bisa melihat air terjun dengan ketinggian air terjun kurang lebih 12 meter dan kerennya lagi air terjun ini langsung jatuh ke laut loh.

Jika Anda ingin menuju air terjun ini, Anda bisa menjangkaunya dengan canoeing dan rappeling dari air terjun berikutnya dengan menuruni sebuah jalan setapak dan Anda perlu berhati – hati karena jalannya sedikit licin dan curam.

6. Pantai Timang

Tempat wisata pantai yang satu ini memiliki dua karakteristik yang berbeda diantaranya adalah pertama pantai dengan panorama yang cantik dengan pasir putih dan lainnya. Kedua, pantai dengan batu cadas yang memiliki ukuran besar.

Hal unik lainnya mengenai pantai ini anda bisa menyebrang dari satu batu cadas ke batu yang lainnya, Anda menyebrangi batu tersebut dengan menggunakan kereta gantung yang bisa menguji adrenalin Anda.

Untuk menaiki kereta gantung tersebut, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 200.000. Namun tentang saja, jika Anda kurang berani untuk menaiki kereta gantung tersebut. Maka Anda bisa melewatinya dengan menggunakan jembatan gantung yang disediakan.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai pantai indah yang bisa Anda kunjungi jika berlibur ke Yogyakarta. Jadi semakin tidak sabar untuk segera terbang ke Yogyakarta dan main ke pantai-pantai di atas?

Pastikan Anda sudah mengetahui update regulasi penerbangan terbaru di sini terlebih dahulu agar rencana jalan-jalan tetap terlaksana. Anda juga bisa beli tiket pesawat ke Yogyakarta dengan mudah menggunakan Traveloka lho. Nah, jika tiket pesawat sudah di tangan, pantai mana nih yang akan Anda kunjungi pertama kali?

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.