5 Tips Saat Pacaran yang Sehat dan Baik

Hidup melajang memiliki banyak kelebihan. Di dalamnya, Anda bisa belajar bagaimana cara membangun hubungan yang sehat pada diri sendiri. Melajang juga merupakan cara untuk membahagiakan diri sendiri. Tetapi jika Anda sudah siap berbagi hidup dan menjalin hubungan dengan seseorang, maka biasanya lajang menjadi hal yang bisa membuat seseorang frustasi.

relationship

Menemukan pasangan yang tepat seringkali sulit. Biasanya adalah karena hubungan yang tidak baik dengan pasangan. Penyebabnya sangat beragam. Kecocokan bisa terjadi karena satu pihak egois, berlebihan, tidak sabar dan lain sebagainya. Untuk menciptakan hubungan yang sehat dan tepat, perlu usaha yang tidak sebentar. Jika Anda pacaran, ada baiknya mengikuti tips saat pacaran berikut ini.

1. Prioritaskan persahabatan

Agar hubungan pacaran langgeng dan bisa sampai ke pelaminan, buatlah pacaran sebagai hubungan dekat antara teman. Ada banyak kasus teman tapi mesra. Ya, biasanya hubungan ini yang jadi dan langgeng. Maka saat pacaran, prioritaskan persahabatan anda dengan pacar. Melalui hubungan persahabatan, jalinan cinta akan lebih baik dan aman serta sehat lantaran ada toleransi yang kuat di dalamnya. Hubungan pun selaras dengan kehidupan sehari-hari.

2. Dahulukan kepercayaan

Cara ini sulit tetapi ini menjadi kunci agar bisa menjalani hubungan yang sehat dan aman saat berpacaran. Mungkin banyak di antara anda yang berpikir, ‘kami cocok, kami bersenang-senang bersama, kami saling tertarik satu sama lain,” sehingga beranggapan kepercayaan bukan hal besar. Justru ini masalahnya. Setiap hubungan itu harus ada unsur saling percaya. Kalah tidak ada kepercayaan, nanti ada yang selingkuh lho. Mau diduain? Pacaran toh bukan sekadar bersenang-senang. Beberapa orang berpacaran untuk menemukan pasangan yang cocok dan mau diajak ke pelaminan.

3. Putuskan kapan harus memulai pacaran

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda soal berpacaran. Ada yang beranggapan pacaran tidak berfaedah, adapula yang bilang pacara perlu untuk melatih kesabaran dan meningkatkan kedewasaan dalam bertindak dan berpikir. Tidak ada yang salah dari kedua anggapan ini. Apapun itu, semuanya tergantung berdasarkan sikap anda. Maka putuskan apakah pacaran itu pwrlu atau tidak bagi diri Anda. Jika iya, maka putuskan kapan harus memulai pacaran.

4. Pilahlah maksud Anda berpacaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap orang itu memiliki maksud yang berbeda saat pacaran. Ada yang tujuannya hanya untuk bersenang-senang, mencari jodoh, belajar berbagi dan lain sebagainya. Terkadang tidak sedikit di antara kita yang menganggap maksud berpacaran itu untuk perasaan cinta sampai-sampai tenggelam dalam kesenangan.

5. Berani katakan ‘tidak’

Jangan sembarang pacaran. Putuskan dengan baik apakah Anda perlu pacaran atau tidak. Kebanyakan orang tahu bagaimana mengatakan ‘iya’ jika seseorang mengajak berpacaran. Tetapi bagaimana jika orang yang mengajak pacaran bukan orang yang Anda inginkan? Jujurlah! Katakan tidak jika Anda tidak tertarik untuk berpacaran dengannya. Jangan samlai anda berbohong dan menjalani pacaran yang tidak sehat.

Seimbangkanlah antara kehidupan cinta dan kehidupan pribadi. Hindari berpacaran hanya karena ingin merasakan bagaimana rasanya berpacaran. Hubungan yang sehat seharusnya adalah hubungan yang saling melengkapi hidup, bukan malah menjauhkan Anda dari kehidulan sehari-hari seperti pekerjaan, kepercayaan, kesenangan.

Tidak masalah jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama pasangan, tetapi Anda juga perlu berhati-hati terhadap perasaan Anda pada pasangan. Jika tidak disiasati dengan baik, hubungan pacaran akan membuat Anda baper yang membuat Anda tenggelam dalam perasaan dan lupa bahwa Anda punya kehidupan, mimpi dan tujuan sendiri.Itulah 5 tips saat pacaran yang sehat dan baik dilakukan. Ketahuilah bahwa cinta mati pada pacar tersayang itu berbahaya. Jadi, berpacaranlah dengan bijak disertai tujuan yang baik dan jelas.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.