5 Tips Desain untuk yang Tidak Bisa Desain

Pernah mencoba untuk membuat desain walaupun kita sama sekali tidak memiliki keahlian tersebut? Ada banyak orang yang sering dihadapkan pada hal tersebut. Padahal, desain grafis biasanya adalah keahlian yang membutuhkan sebuah latihan.

Kini, dengan semakin berkembangnya Internet, tidak heran ketika ada banyak kebutuhan akan desain grafis. Bagaimana tidak, setiap konten yang dibagikan ke Internet biasanya akan lebih menarik jika disajikan dalam bentuk desain grafis.

Media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, dan lainnya sangat membutuhkan desain grafis. Apakah itu untuk berbagi informasi, atau bahkan lebih dari itu: mendapatkan keuntungan melalui pemasaran.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika kita tidak memiliki keahlian desain, tapi ingin untuk terus mendesain?

Berikut ini adalah tips mendesain untuk yang bukan seorang desainer.

1.    Manfaatkan “Ruang Putih”

Di dalam sebuah desain, akan selalu ada yang disebut dengan “ruang putih” atau white space. Ini adalah istilah dari sebuah ruang kosong di dalam desain.

Desain yang baik, akan memiliki ruang putih yang cukup. Tidak terlalu sedikit, dan tidak juga terlalu banyak. Sehingga desain menjadi lebih menarik.

Ruang putih yang terlalu banyak akan membuat desain terkesan kosong dan tidak menarik. Sementara itu, ruang putih yang terlalu sedikit akan membuat desain terlihat sempit dan juga sangat sumpek.

Karena itu, sangat penting bagi para desainer untuk memanfaatkan ruang putih sebaik mungkin. Sehingga seluruh elemen didalam desain bisa “bernapas” dengan baik.

2.    Pilih Dua Font

Ketika membuat sebuah desain, pastikan kita memilih dua jenis huruf atau font yang mudah untuk dibaca. Pemilihan dua font bukan tanpa alasan. Memilih stau font akan membuat desain menjadi membosankan. Lagi pula, font yang baik untuk menuliskan judul, belum tentu baik sebagai font badan.

Selain itu, memilih font yang beragam dan lebih dari dua jenis, akan membuat desain menjadi tidak fokus. Para pembaca juga akan kebingungan karena hal ini. Sehingga sebaiknya dihindari.

3.    Perhatikan Rata Baris

Setiap tulisan, sebaiknya memiliki rata baris yang jelas. Apakah rata kanan, rata kiri, atau rata tengah. Untuk informasi yang penting, biasanya desain yang baik akan menggunakan rata tengah. Tapi jika kita bisa mengkreasikannya, kita juga bisa menggunakan rata kiri maupun rata kanan.

Sebisa mungkin hindari menggunakan rata kiri-kanan, karena hanya akan membuat desain tampak penuh dan tidak enak untuk dibaca.

4.    Gunakan Warna yang Sesuai

Setiap warna yang kita gunakan akan memiliki sebuah makna. Karenanya, sebaiknya kita memilih warna yang tepat.

Jika kita mendesain untuk sebuah brand atau perusahaan, maka sebaiknya warna yang kita gunakan memiliki warna yang serupa dengan brand tersebut. Selanjutnya kita bisa memaksimalkan desain dengan memilih warna lain yang serasi atau sesuai dengan warna palet dari warna utama.

5.    Perhatikan Jumlah Teks di Dalam Gambar

Kini, desain grafis yang kita buat biasanya akan disebarkan atau dibagikan melalui channel media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan beberapa di antaranya adalah Instagram dan Facebook.

Saat membuat desain yang akan disebarkan lewat media sosial, sebaiknya kita tidak membuat teks lebih dari 20% dari keseluruhan desain. Desain dengan tulisan yang terlalu banyak akan terbaca oleh media sosial sebagai desain yang rumit, dan akan tidak akan menjangkau terlalu banyak audiens.

Sehingga sebaiknya kita membatasi teks di dalam desain, dengan begitu desain yang kita buat akan lebih banyak dilihat oleh pengguna media sosial.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment
  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di http://kontraktorjogja.co.id/
    sukses selalu 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.