5 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Bau badan menjadi salah satu sumber masalah dalam pergaulan dan tentunya akan membuat kepercayaan diri anda menjadi rendah atau bahkan malah berakhir dengan malas bergaul. Padahal anda sudah mandi dan memakai pewangi namun bau tak sedap dari tubuh tetap tercium. Lantas apa penyebab bau badan ini? Berikut 5 penyebab bau badan:

Gemuk

Tidak untuk menjudge bahwa orang gemuk pasti berbau badan namun kegemukan bisa menjadi salah satu unsur kenapa tubuh anda berbau. Adanya pori tersembunyi yang tertutup lekuk tubuh hingga menjadikan area tersebut hangat, gelap, dan nyaman bagi tumbuh kembangnya micro organisme.

Makanan & Minuman

Memang diketahui ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi salah satu pemicu keluarnya bau badan yang tidak sedap, seperti: Alkohol, Kafein, daging merah, hati ikan, dan produk olahan susu. Makanan dan minum tersebut ketika kamu konsumsi maka akan membuat suhu tubuh meningkat dan hal itu akan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Bakteri alami yang ada di tubuh akan menyerap dan mengeluarkan bau badan yang tidak sedap.

Aktivitas berlebih

ketika seseorang melakukan aktivitas berlebih maka tubuh akan merespon dengan mengeluarkan keringat dan itu adalah hal normal. Keringat merupakan respon atau cara tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Keringat sebenarnya tidak berwarna dan berbau namun karena terkontaminasi dengan bakteri maka berubah menjadi bau.

Detergen

Salah satu hal yang tidak disadari menjadi penyebab bau badan adalah detergen. Senyawa kimia di dalam detergen bisa menimbulkan reaksi berlebih sehingga bisa melepaskan aroma tidak sedap. Cucian yang tidak bersih ketika membilas atau mengeringkan menyebabkan adanya tumpukan senyawa di serat kain sehingga ketika tubuh berkeringat maka bisa menyebabkan bau apek.

Menahan Buang Air

Sering menahan buang air? Bisa jadi itu menjadi salahs atu penyebab bau badan. Segala pembuangan yang tersisa dan mengendam di tubuh di keluarkan melalui pori-pori. Akibat menahan buang air kecil atau besar maka pembuangan akan disalurkan melalui keringat, hal itu bisa menjadi salah satu pemciu bau badan.

Nah itulah 5 penyebab bau badan yang bisa anda ketahui, lalu bagaimana cara mengatasinya, seandainya sudah terjadi. berikut ada beberapa tips mengatasi bau badan yang bisa dicoba dan perlu dilakukan agar anda bisa kembali percaya diri.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Ramuan Alami

Daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dipercaya bisa membantu masalah kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, daun sirih juga mengandung vitamin C, niacin, tiamin, karoten, dan riboflavin. Dari hal itu, daun sirih merupakan tanaman yang efektif untuk mengatasi keringat berlebih dan bau badan.

  1. Ambil beberapa helai daun sirih lalu rebus dengan air (2 gelas)
  2. Tuang air rebusan ke dalam bak mandi yang anda gunakan
  3. Mandilah seperti biasa menggunakan air rebusan tersebut
  4. Lakukan secara rutin, bau badan akan menghilang

Timun

Sekitar 95 persen, timun mengandung air. Selain itu ada banyak zat yang terkandung seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, magnesium, thiamin, folat, B-6, kalsium, fosfor, tembaga, kalium dan mangan, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, dan seng. Hal sangat membantu untuk mengatasi bau badan.

  1. Potong timun (berbentuk bulat)
  2. Gunakan potongan tersebut sebagai masker pada ketiak
  3. Rutin digunakan 2 kali seminggu

Kemangi

Yang suka makan lalapan pasti tahu daun ini karena hampir semua sajian lalapan selalu menggunakan daun kemangi. Salah satu khasiatnya adalah menghilangkan bau badan. Hal itu karena adanya kandungan minyak atsiri yang terdapat di daun kemangi, selain itu bisa juga berfungsi sebagai antiseptik.

  1. Sebagaimana anda makan lalapan, cukup jadikan daun kemangi sebagai lalapan. Dimakan setiap pagi dan sore (cukup segenggam)
  2. Terus kalau tidak suka dijadikan lalapan bagaimana? Bisa diolah jadi minuman:
    • Jemur daun kemangi hingga kering
    • Setelah kering, tumbuk hingga halus
    • Seduh dengan air panas kemudian disaring dan silakan diminum
    • Rutin diminum 2 kali sehari

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.