4 Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Setiap wanita pastinya menginginkan berat badan yang ideal. Oleh karena itu mereka pastinya akan mencari cara untuk mengetahui apakah bobot tubuh yang dimilikinya saat ini sudah masuk kategori berat badan ideal atau belum. Mulai dari menggunakan cara yang alami hingga yang menggunakan bantuan medis. Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya akan menunjang didalam berpenampilan saja, tetapi juga dengan berat badan ideal dan proporsional maka akan membuat lebih maksimalnya penampilan. Kamu akan terlihat lebih segar dan bugar jika memiliki berat badan ideal. Tetapi selain itu juga kamu akan terhindar dari resiko terserang berbagai penyakit. Memiliki berat badan yang berlebihan ataupun kurang pastinya tidak akan baik bagi kesehatan.

menghitung berat badan
sumber: merdeka.com

Jika memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas maka akan beresiko tinggi terserang berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, paru paru, dan ginjal. Akan berbeda bedanya ukuran berat badan ideal yang dimiliki oleh setiap orang. Berat badan ideal yang kamu miliki pastinya akan berbeda dengan berat badan ideal yang dimiliki saudara perempuanmu. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita yang mudah?Berikut 4 cara mudah menghitung berat badan ideal diantaranya yaitu :

  1. Menggunakan Rumus Brocha/Devine

Sebenarnya rumus ini digunakan untuk menghitung penggunaan dosis obat berdasarkan berat badan yang dimiliki pasien. Sehingga untuk menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus ini pastinya hasilnya tidak akan begitu akurat. Dengan menggunakan rumus ini akan dihasilkan perhitungan berupa angka dan bukan berupa rentang tertentu. Perhitungan berat badan ideal wanita dengan menggunakan Rumus Brocha/Devine yaitu : BBI = TB – 100 – (15 % – (TB – 100)). Dimana BBI adalah berat badan ideal dalam satuan Kg, dan TB adalah tinggi badan dalam Cm.

  • Menggunakan Metode Perhitungan Konvensional Untuk Menhitung Berat Badan Ideal
Baca:  Pentingnya Perusahaan Menyediakan Manfaat Asuransi bagi Karyawan

Untuk menggunakan metode perhitungan konvensional ini, rumus yang digunakannya akan berbeda pada setiap rentang pertumbuhan. Akan berbedanya rumus penghitungan berat badan ideal pada anak dengan rumus untuk menghitung berat badan ideal pada orang dewasa. Hasil perhitungan yang diperoleh nantinya merupakan hasil berat badan ideal yang kamu miliki.

  • Rumus berat badan ideal untuk bayi berusia 0 hingga 12 bulan yaitu : BBI = (umur (bln) /2) + 4
  • Rumus berat badan ideal untuk anak berusia 1 hingga 10 tahun yaitu : BBI = (umur (thn)/2) + 8.
  • Rumus berat badan ideal untuk remaja atau dewasa yaitu : BBI = TB – (TB – 100) x 10 %. Dengan keterangan TB yaitu tinggi badan dalam satuan Cm.
  • Menggunakan Rumus Berat Tubuh Ideal

Rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal ini yaitu BBI = (TB – 100) x 90 %. Dimana TB merupakan tinggi badan dalam satuan Cm.

  • Menggunakan Perhitungan Metode BMT (Body Mass Index)

Mengetahui berat badan ideal dengan menggunakan rumus BMT dipercaya lebih efektif dan akan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumus yang lainnya. Adapun rumus BMT (Body Mass Index) adalah IMT = BB / (TB x TB). Dimana BB adalah berat badan dalam satuan kilogram, dan TB adalah tinggi badan dalam satuan meter.Itulah 4 cara mudah menghitung berat badan ideal. Selain itu masih ada rumus lainnya yang bisa digunakan seperti dengan menggunakan kalkulator BMI.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.