Yuk, Verifikasi Data PTK Anda

shaleholic.com – Beberapa tahun ke depan mungkin akan ada perubahan besar dalam pendataan guru, kalau dulu pendataan biasanya lewat pengisian kertas maka kali ini pendataan guru dilakukan secara online menggunakan aplikasi pendataan yang telah dibagikan kepada semua sekolah dibawah dikdas (untuk dikmen saya tidak tahu apa juga ada).

Pendataan online yang dilakukan dikdas ini sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup para guru sendiri karena kalau data tidak lengkap maka gaji dan tunjangan sertifikasi bisa tidak dapat lagi karena itu operator yang mengisi aplikasi pendataan ini harus diberi data-data yang akurat, jangan sampai data yang diberikan kepadanya itu kurang. Karena dikuatirkan ketika Bapak/Ibu guru tidak menerima lagi gaji/Tunjangan sertifikasi yang disalahkan malah operatornya.

Berikut saya kutipkan sebuah tulisan di forum guru yang saya ikuti tentang dapodik guru tersebut :

Dengan hormat, menindaklanjuti Kebijakan Ditjen Dikdasmen Kemdikbud RI tentang Pendataan Pendidikan Dasar ( SD dan SMP ) maka dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Segera menyelesaikan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) melalui Aplikasi Pendataan Dikdas terkait Data Profil Sekolah, Data Siswa, dan Data PTK. Setelah proses data entry sclcsai, data tersebut agar segera dikirim secara online mengikuti panduan penggunaan Aplikasi Pendataan yang terscdia.
  2. Agar sekolah memprioritaskan penyelesaian pendataan ini karena data tersebut akan menjadi dasar penetapan alokasi dana BOS, penetapan jumlah dan penerima Bantuan Siswa Miskin, Tunjangan Guru, Bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas dan program lainnya.
  3. Silahkan memverifikasi data PTK melalui link  http://116.66.201.163:8083/info.php dikarenakan Data-data pada Dapodik yang bersifat Mandatory (wajib) karena berpengaruh Langsung ke Program-program di P2TK Dikdas. Jika ada masalah tertentu, Harap Dipahami Bahwa Mekanisme Update Data Hanya Bisa Dilakukan Melalui Aplikasi Dapodik.
  4. Informasi pendataan di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/
  5. Apabila ada kendala dan permasalahan dalam Pendataan silahkan hubungi KKDATADIK Setempat.

Setelah membaca hal tersebut saya mencoba membuka web melalui link http://116.66.201.163:8083/info.php untuk mengetahui data PTK saya pribadi dan Alhamdulillah ternyata sudah ada walaupun harus ada yang dilengkapi lagi.

Berikut tampilan web tersebut :

Tampilan Awal Web Verifikasi Data PTK

Data PTK Saya

Update web verifikasi data ptk :

sekarang alamat web verifikasi data ptk telah berpindah dari http://116.66.201.163:8083/info.php ke alamat berikut dibawah ini :

  1. http://223.27.144.195/info.php
  2. http://223.27.144.195:8082/info.php
  3. http://223.27.144.195:8083/info.php
  4. http://223.27.144.195:8081/info.php

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

12 Comments

Add a Comment
  1. Sarolangun jambi belum ada pemberitahuan ttg data oneline ini

  2. jam mengajar masih kosong padahal aku ngajar 32 jam

  3. Kok Pas Login Nih Data nya acak" an Ya.. Tolong Di Perbaikin mas.

  4. kenapa gak bisa masuk. langsung gagal

  5. resah lg, sdh normal kemarin ini hari tdk lg.

  6. Data Dapodik SD Kami ternyata masih belum benar juga terutama data jam mengajar…padahal kami tidak main-main dalam mendata tapi susah kalau mau cek data…..tlg dengarkan keluhan kami…trims.

  7. puluhan kali ..susah masuk….

    1. saya udah hmpir sminggu ga bisa masuk :'(

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap