Yuk Daftar Online SBMPTN 2013

pendaftaran SBMPTN online

shaleholic.com – Sambil menunggu pengumuman kelulusan SMA tentunya sebagian dari kalian berharap setelah lulus SMA bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Perguruan Tinggi. Nah, seperti tahun sebelumnya tentu kalian berpikir untuk ikut Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi Mandiri. Namun tahukah kalian kalau tahun ini sebenarnya ada tiga seleksi, selain dua yang saya sebutkan tadi juga dibuka Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Untuk mendaftar SBMPTN 2013 bisa dilakukan secara online melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id yang dibuka mulai 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB sampai 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. sedangkan pelaksanaan ujian tertulisnya akan berlangsung pada 18-19 Juni 2013. Hasilnya pun akan diumumkan pada 12 Juli 2013 pada pukul 17.00 WIB secara online.

Ada pun siswa yang bisa mendaftarkan diri yakni siswa lulusan SLTA/setara/paket C tahun 2011 dan 2012 serta siswa pemegang surat keterangan hasil UN SLTA/setara (lulusan) tahun 2013. Sekadar informasi tambahan, ada sekitar 600 ribu peserta SBMPTN yang akan memperebutkan 90 ribu kursi di 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.

Selain itu ada 4 hal yang biasanya menjadi kesalahan umum para peserta  seleksi masuk PTN :

  1. Pemilihan program studi (prodi). Pemilihan prodi sangat erat hubungannya dengan penjurusan yang diambil saat duduk di kelas 11 SMA. Jadi, ketika memutuskan memilih satu jurusan di SMA, sebaiknya kita sudah mengetahui akan memilih prodi apa saat kuliah nanti. Pilihlah jurusan IPA jika ingin berkuliah di prodi kelompok IPA, begitu juga dengan jurusan IPS dan Bahasa. Hal lain yang perlu diperhatikan tentang pemilihan prodi pada SBMPTN adalah mengetahui peminat dan passing grade tiap-tiap prodi yang tidak sama satu dengan lainnya.
  2. Pengisian identitas. sekitar 15 persen peserta tes masuk PTN gagal saat mengisi identitas. Identitas pada formulir pendaftaraan harus sama dengan lembar jawaban ujian.
  3. Tidak menguasai soal ujian. Kuncinya adalah peserta SBMPTN harus rajin berlatih mengerjakan soal-soal tes masuk PTN tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya, untuk membiasakan  diri dengan bentuk soal yang ada dan menghindari kesalahan pengisian, termasuk penggunaan jenis pensil dan teknik penghitaman yang benar.
  4. Pilihan prodi kedua. Pilihan prodi kedua adalah sebuah alternatif yang benar-benar harus dipersiapkan, dan bukan pilihan yang asal tulis.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap