Windows Live Apps: Mail Server Gratis Pengganti Google Apps

Sebagaimana diketahui bahwa Google telah mengumumkan di blog resminya tentang paket Basic dari Google Apps basic saat ini telah dilebur ke dalam layanan berbayar paket Premium. Itu artinya, kita sudah tidak bisa lagi secara gratis mendaftarkan domain ke dalam layanan email gratis dari Google Apps.

Perubahan ini memang hanya akan berlaku bagi pendaftar baru dan bagi pendaftar lama tidak perlu kuatir karena tidak ada pengaruhnya dengan pengumuman itu. Lalu yang jadi persoalan, bagaimana dengan yang ingin punya mail server gratis. Tenang, ternyata ada pengganti Google Apps. Memang ini kurang familiar di telinga kita namun cukup mumpuni yaitu Windows Live Mail (live.com).

Bagaimana cara menggunakan Windows Live Mail (live.com) tersebut yang saya kutip langsung dari http://www.jagoanhosting.com :

1. Silakan buka https://domains.live.com/Signup/SignupDomain.aspx untuk mendaftarkan domain anda pada layanan Windows Live Apps.

Windows Live Apps

2. Selanjutnya buat dulu ID admin yang akan digunakan sebagai pengelola dari layanan Windows Live Apps anda.

Windows Live Apps

Windows Live Apps

3. Windows Live Mail akan secara otomatis mengirim email untuk verifikasi ke alamat yang telah anda assign sebagai administrator. Silakan buka email tersebut kemudian klik verify. Berikutnya akan muncul agreement untuk ID tersebut sebagai admin/pengelola layanan Windows Live Mail untuk domain anda.

Windows Live Apps

4. Setelah berhasil, maka proses selanjutnya adalah update MX (untuk merubah route layanan mail) dan TXT (untuk verifikasi kepemilikan domainnya). Kita bisa cek kebutuhan DNS-nya di menu Domain Settings.

Windows Live Apps

Record MX dan TXT bisa ditambahkan di www.jagoandomain.com jika anda membeli domain melalui layanan Jagoan Hosting. Langkah-langkah penambahannya bisa disesuaikan pada Langkah Penambahan DNS Record pada Custom Domain Blogger berikut.

5. Untuk memudahkan URL webmail, kita bisa mengganti alamat untuk login webmail menjadi format mail.namadomain.com melalui menu Custom Address.

Windows Live Apps

Seperti pada record MX dan TXT, maka record CNAME bisa ditambahkan melalui www.jagoandomain.com

6. Selesai, layanan Windows Live Mail anda tinggal menunggu masa resolve. Selamat mencoba;-)

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

4 Comments

Add a Comment
  1. Alhamdulillah windows live memiliki layanan mail gratis juga jadinya kita bisa menggunakannya
    terima kasih atas infonya, bisa langsung coba nih..

  2. Makasih sob infonya, bermanfaat sekali.

    Sukses selalu…

  3. mantap infonya and komplit banget

  4. Infonya mantap… saya sudah coba semua, tetapi kenapa bagian custom address untuk mail-nya gak jalan ya?
    Kebetulan saya membeli domainnya di netfirms.com, nah meskipun sdh saya add CNAME untuk point ke go.domains.live.com, tetap saja kalau saya ketik mail.namadomain.com, mengarahnya ke netfirms e-mail…
    Tapi saya tetap bisa akses e-mail via mail.live.com

    Mohon dibantu, terima kasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap