Waktu Tidur Bayi Berdasarkan Usianya

sumber : google.com

shaleholic.com – Setiap bayi memiliki pola tidur yang berbeda, hal ini tergantung dari banyak faktor. Salah satunya adalah faktor berdasarkan usia bayi, misalnya pada bayi baru lahir akan memiliki jam tidur yang lebih lama. Selain itu, peran Bunda dalam mengatur jam tidur juga sangat berpengaruh terhadap kebiasaan tidur si Kecil dan diharapkan Bunda dapat berperan aktif dalam membentuk pola tidurnya agar si Kecil memiliki kebiasaan tidur yang baik.

Di bawah ini ada beberapa gambaran umum (tidak berarti setiap bayi sama) mengenai lama tidur bayi berdasarkan usianya, antara lain:

  1. Biasanya, bayi baru lahir yang berusia 1-4 minggu memiliki waktu tidur 15-16 jam per hari, bahkan ada yang hingga 18 jam per hari. Hal ini disebabkan karena si Kecil belum mengenal siang atau malam sehingga tidurnya belum berpola dan bisa sering tertidur di siang hari atau sebaliknya. Dan, bagi bayi yang terlahir prematur, waktu tidurnya akan lebih lama bila dibandingkan dengan bayi yang terlahir normal.
  2. Bayi berusia 1-4 bulan biasanya sudah bisa sedikit menemukan pola tidurnya dan mulai dapat merasakan kapan siang dan malam hari. Si Kecil sudah dapat menghabiskan 4-5 jam untuk satu kali tidur dan biasanya sering terjadi pada malam hari.
  3. Bayi berusia 4-12 bulan memiliki waktu tidur yang ideal sekitar 14-15 jam sehari. Namun, saat si Kecil memasuki usia 11 bulan, biasanya hanya tertidur selama 12 jam saja. Pada usia ini, si kecil sudah dapat berinteraksi dan pola tidurnya sudah dapat mengikuti pola tidur orang dewasa.
  4. Balita berusia 1-3 tahun biasanya sudah tidak memiliki pola tidur di pagi hari. Si Kecil yang berusia 21-36 bulan hanya tertidur sekali di siang hari selama 3 hingga 4 jam dan akan dilanjutkan pada malam harinya.

Sebaiknya Bunda mulai menerapkan kebiasaan tidur yang baik pada si Kecil sejak dini, jika Bunda tidak berhasil menerapkan pola tidur yang baik maka kebiasaan pola tidur yang tidak baik akan terbawa hingga si Kecil besar nanti.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap