Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan

getty_rf_photo_of_baby_boy_2_large

shaleholic.com – Perkembangan bayi setiap bulannya memang berbeda-beda  Tumbuh kembang bayi untuk bayi yang masih berumur 3 bulan pada umumnya adalah sudah bisa mengangkat kepalanya. Pada usia ini, bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sampai sejajar pada tubuhnya. Pada saat sedang tengkurap, bayi sudah bisa melakukan push up mini, yaitu mengangkat kepala dan sedikit bahunya. Ketika dalam posisi telentang, bayi sudah mulai berguling sampai ingin tengkurap. Pada usia ini bayi juga sudah mulai memperhatikan wajah-wajah orang di sekitarnya. Bunda adalah orang yang pertama kali dikenal dan memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan si buah hati. Bayi mulai mengenali wajah dan bau si Ibu, dan inilah yang membuat bayi biasanya tidak mau digendong oleh orang lain. Kelekatan dan ikatan emosional akan membuat bayi merasa aman dan nyaman apabila digendong oleh Bundanya.

Selanjutnya bayi pada usia ini juga sering kaget jika mendengar suara-suara keras. Oleh karena itu, anda sebaiknya menempatkan bayi anda di tempat yang tidak gaduh pada saat sedang tidur sehingga tidak mengganggu istirahatnya. Pada usia 3 bulan ini, bayi juga sudah mulai memiliki rasa ingin tahu, karena itu bayi akan lebih sering menoleh ke kiri dan ke kanan untuk mengamati keadaan di sekelilingnya. Bayi juga sudah bisa menggerak-gerakkan tangan dan kakinya, sehingga apabila diberikan mainan, maka si bayi akan mencoba untuk meraihnya. Gerakan umum yang sering dilakukan oleh si bayi dengan intensitas yang sering adalah menjulurkan lidah dan memainkan liur untuk dijadikan gelembung-gelembung kecil. Tahap perkembangan ini tentu sayang sekali untuk anda lewatkan karena bayi anda sedang berada pada saat lucu-lucunya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bayi pada usia 3 bulan ini pada umumnya suka sekali memperhatikan wajah orang-orang di sekelilingnya. Ikatan emosional orang-orang didekatnya akan lebih mudah terbentuk. Sebagai orang tua, ini adalah momen terbaik untuk mendekatkan diri dengan anak, sehingga dapat menghasilkan sebuah ikatan emosional dan kognitif yang baik di masa mendatang. Tumbuh kembang bayi pada tahap ini sedang mengoptimalkan kemampuan sistem motoric kasar pada bayi. Jika perkembangan motoric kasar berkembang dengan baik, maka bayi anda akan senang untuk meraih sesuatu yang menurutnya menarik.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap