Tirulah Ilmu Bunga

Orang sering beranggapan ilmu padi merupakan contoh yang baik bagi kita kalau sudah merasa kaya dan berilmu. Kita akan disuruh meniru falsafah padi “makin berisi makin merunduk” tapi itu menurut orang lain tapi menurut pemikiran saya yang lain, menunduk tidak hanya diartikan sebagai rendah hati tapi bisa juga pelit. Bukankan kata menunduk bisa diartikan sebagai malas atau juga diam. Misalnya begini “kalian semua sudah mengerti dengan pelajaran ini”…”siswa yang ditanya hanya menunduk (diam seribu bahasa)”.

Namun kalau meniru ilmu bunga. Dia akan selalu memberikan saripatinya kepada siapa saja yang mau mengambilnya. Dia tidak pernah membatasi berapa banyak yang diambil. Ketika dia mati maka akan tumbuh lagi karena ilmu yang dia beri tidak hanya di dapat oleh orang yang meminta tapi juga orang yang diam seperti tanah. Tanah diberi benih oleh bunga sebelum semua saripatinya habis diberikan pada kumbang-kumbang yang memintanya. Akhirnya tumbuh lagi bunga yang akan memberikan saripatinya dan terus selalu begitu. Semoga kita bisa meniru ilmu bunga itu.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap