5 Tips Sewa Mobil Untuk Mudik Lebaran

Tradisi mudik sebentar lagi akan dimulai atau bahkan mungkin sudah ada yang mudik duluan untuk menghindari kemacetan di jalan. Mudik menjadi hal wajib bagi para perantau di negeri ini untuk kembali ke “pangkuan ibu pertiwi”. Perayaan Idul Fitri menjadi momentum terbaik yang dilakukan setelah berpuasa. Idul fitri juga menjadi ajan silaturahim terbesar. Anak kembali bertemu orangtuanya, keluarga yang satu berjumpa keluarga lainnya. Tetangga lama bisa bersua lagi. Dibalik tradisi mudik tentunya ada cerita yang panjang dimulai dari persiapan mudik. Setiap orang yang mudik tentu punya cerita tersendiri.

Para pemudik rela mengantri panjang untuk mendapatkan tiket pulang kampung. Selain itu, hampir semua alat transportasi khususnya di pulau Jawa menjadi begitu padat, ada yang mudik menggunakan pesawat, bus, kereta api, mengendarai sepeda motor hingga menyewa mobil. Untuk jenis mobil yang biasa digunakan pemudik untuk pergi ke kampung halaman rata-rata bertipe MPV yang memang cocok untuk keluarga sehingga mobil mpv terbaru termasuk kategori mobil yang paling banyak disewa selama mudik.

sewa mobil lebaran

Bercerita sedikit tentang sewa mobil sebelum mudik lebaran, ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum anda melakukannya:

Pertama, terpercaya. Pastikan tempat anda menyewa mobil merupakan perusahaan sewa yang terpercaya. Kenapa harus terpercaya? Terpercaya berarti tingkat pengalaman mereka dalam melakukan pelayanan sudah terbutki sehingga anda bisa lebih merasa aman saat menyewa mobil.

Kedua, fasilitas rental. Sebelum anda melakukan swa mobil, coba bertanya sedeail mungkin, tak mengapa kalau dianggap terlalu kepo karena ini berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan anda juga selama perjalanan mudik nantinya. Cobalah bertanya apa mereka punya nomor kontak yang bisa dihubungi selama 24 jam agar ketika anda punya masalah bisa langsung menghubungi, tanyakan juga tentang ketersediaan mobil lainnya yang mungkin bisa sewaktu-waktu diganti karena suatu masalah, ketersediaan fasilitas mobil derek serta apa asuransi yang diberikan oleh perusahaan kepada anda.

Ketiga, terbaru. Jangan lupa pilih mobil keluaran terbaru, minimal suku cadang dan kondisi mesin lebih terjamin namun tentu saja anda harus tetap melakukan pengecekan untuk memastikan semua. Cari tahu tentang riwayat mobil tersebut terutama kondisi perawatannya, biasanya disediaakan pihak rental. Jangan lupa sediakan P3K di kendaraan untuk berjaga-jaga kalau nanti diperlukan.

Keempat, riset. Mungkin hal ini sering diabaikan namun sebenarnya ini termasuk kategori penting. Cobalah lakukan riset kecil-kecilan seperti bertanya kepada teman atau tetangga tentang rental yang baik dan bagus. Kalau itu agak sulit, coba cari di google tentang rental yang baik, biasanya banyak blogger menuliskan pengalaman mereka dalam menyewa mobil, dari review-review tersebut kita bisa punya perspektif bandingan sehingga menjadi lebih teliti.

Kelima, budget. Tentunya ini adalah hal utama, jangan anda hanya karena ingin terlihat mewah saat mudik lalu ingin menyewa mobil dengan harga fantastis. Sewalah mobil yang sesuai budget karena mudik bukan hanya persoalan anda berkendara apa namun kepada siapa saja nanti anda bersilaturahim.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap