Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Di Rumah

Menjadi orangtua tentu adalah kebahagian bagi setiap pasangan yang telah menikah. Memiliki anak menjadi bagian kesempurnaan dalam sebuah keluarga. Namun di tengah kebahagian itu tentu ada sedikit kekuatiran bagi pasangan baru, khususnya ini merupakan anak pertama. Memiliki anak tentunya selain akan menguras emosi dan tenaga juga dilanda kebingungan ketika menghadapi masalahnya. Untuk menghadapi kekuatiran tersebut, biasanya calon orangtua sudah menyiapkan diri dengan berbagai ilmu serta cerita pengalaman dari lingkungannya. Terlepas dari hal itu ada beberapa hal harus dipersiapkan saat memberikan perawatan bayi baru lahir di rumah.perawatan bayi baru lahir di rumahBerikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat bayi baru lahir:

  • Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tentu bukan hanya karena ada bayi namun memang ketika memiliki bayi pakai tingkat kebersihan tentuanya harus lebih ekstra.

  • Memandikan bayi

Memandikan bayi baru lahir tentunya berbeda dari memandikan bayi yang sudah berumur beberapa bulan, perlu kehati-hatian dalam memandikannya. Gunakan selalu produk yang sesuai dengan umurnya. Alangkah lebih baik berkonsultasi kepada dokter untuk lebih jelasnya.

  • Mengganti popok

Mengganti popok sebenarnya susah susah gampang. Sebenarnya mudah saja karena pasti diajarkan oleh bidan/orangtua/teman yang sudah berpengalaman namun menjadi susah karena frekuensi menggantinya yang sangat sering sehingga akan menimbulkan kejenuhan bagi pasangan yang belum siap untuk ha ltu. Frekuensi mengganti popok rata-rata mencapai 10 kali dalam sehari. Biasanya bayi yang terpaksa minum susu formula memiliki frekuensi pergantian popok lebih banyak dibanding bayi berASI hal ini disebabkan frekuensi kencing yang berbeda.

  • Menyusui

Pemberian ASI ekslusif tentu menjadi idaman bagi semua ibu namun tidak semua ibu mendapatkan kesempatan itu. Bagi yang mendapatkan kesempatan itu, perhatikan posisi menyusui dan usahakan bergantian agar Ibu juga merasa nyaman. Proses menyusui dalam sehari relatif banyak antara 8-15 kali sehari. Hal itu terjadi karena ruang dalam perut si bayi masih kecil. Proses menyusui diharapkan dilakukan sesering mungkin tanpa harus menunggu tangisan si bayi.  Saat menangis amalah akan mempersulit si bayi karena posisi lidahnya tidak berada pada posisi yang tepat.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam Perawatan Bayi Baru Lahir Di Rumah. Namun selain itu ada juga harus diperhatikan yaitu kesiapan para orangtua sendiri dalam menghadapi situasi tersebut. Ada beberapa langkah dalam menghadapi situasi itu:

  • Menjaga kondisi Fisik

Memiliki bayi tentunya memerlukan kebugaran ekstra karena akan dihadapkan pada situasi seperti kurang tidur yang menyebabkan rasa kantuk. Hindari mengkonsumsi minuman/makanan yang dapat mengusir rasa kantuk namun tetaplah mengonsumsi makanan/minuman sehat.

  • Jangan cemas/takut

Ketika pertama menatap buah hati, seringkali terbersit rasa cemas atau takut tidak mampu merawat atau memberikan yang terbaik untuk buah hati. Rasa cemas/takut itu perlahan akan berkurang ketika hal-hal yang mencemaskan dibicarakan berdua.

  • Bersosialisasi

Memiliki bayi bukan berarti anda harus berdiam dan mengurung diri di rumah. Ajaklah bayi anda untuk jalan-jalan di sekitar rumah. Selain untuk menenangkan diri sendiri, mungkin bayi awalnya rewel ketika di dalam rumah menjadi lebih ceria ketika di luar rumah.

  • Meminta bantuan

Setiap sesuatu pasti punya batasannya, begitu juga ketika merawat bayi. Adakala merasa tidak bisa atau sedang menghadapi tekanan berat maka segera meminta bantuan baik pada orangtua/dokter.

Akhir tulisan ini, semoga hal ini bisa membantu para calon orangtua dalam menyambut kedatangan si buah hati sekaligus pelengkap dalam berumahtangga. Tabik.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap