Tips Merawat Lensa Kamera Pengintai

Camera CCTV sebagai perangkat elektronik yang kini tak lagi asing dalam keseharian kita merupakan perangkat yang bukan hanya digunakan untuk kebutuhan tempat dan fasilitas umum. Mungkin beberapa dari kita tak jarang menemukan rumah pribadi yang memasang kamera pengintai ini. Penggunaan kamera pengintai yang bukan hanya di tempat umum ini bisa jadi diartikan sebagai sebuah tanggapan atas maraknya kejahatan dan tindakan kriminalitas yang ditujukan pada rumah pribadi, tempat usaha atau bisnis, perkantoran, hingga kriminalitas yang mungkin terjadi di berbagai tempat. Kamera pengintai memiliki peranan yang cukup penting dan krusial jika dilihat dalam konteks waktu sekarang ini.

kamera-cctv

Karena fungsinya yang kini cukup vital, maka kualitas perangkat elektronik satu ini sebaiknya diperhatikan. Untuk menjaga kualitas hasil akhir videonya tetap jernih dan jelas, maka para pemilik wajib mengetahui dan melakukan perawatan dalam bentuk pembersihan pada CCTV ini. Bagaimana cara membersihkan dan merawatnya?

  1. Jaga kebersihan adalah hal wajib. Membiarkan perangkat elektronik apapun dalam keadaan kotor adalah kebiasaan sangat buruk yang berujung pada penurunan kualitas dan kinerja sebuah perangkat, tak terkecuali pada CCTV. Rajin-rajinlah membersihkan bagian-bagian kamera pengintai ini mulai dari bodi, lensa, hingga bagian dalam DVR-nya. Hal ini wajib dilakukan terutama jika kamu sadar betul bahwa perangkat tersebut kamu pasang di luar ruangan sebagai posisi yang sangat mudah terkena debu. Gunakan alat-alat pembersih yang direkomendasikan oleh para penjual kamera pengintai ini, kalau perlu usahakan beli sedari awal memiliki kamera ini.
  1. Posisikan secara tepat untuk menjaga kualitas perangkat. Penempatan komponen yang tidak tepat akan mampu merusak kamera pengintai dalam jangka waktu panjang. Mungkin saat ini kamu tidak akan terlalu merasakannya tetapi ketika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin fungsi kamera pengintai ini menurun dan memperpendek usia penggunaan perangkat. Setelah membersihkannya, periksa pada bagian konektor serta kabel supaya tepat sesuai tempatnya, jangan lupa periksa bagian pengait seperti baut apakah masih terpasang kuat atau tidak. Merasa tidak bisa melakukannya sendiri? Jangan ragu menggunakan bantuan teknisi!
  1. Rutin memeriksa hasil rekaman video. Miliki kebiasaan untuk secara rutin memeriksa hasil video dengan memutar video hasil rekaman. Cara ini diharapkan mampu memastikan bahwa kualitas gambar yang dihasilkan masih sebaik awal mula penggunaan. Kebiasaan satu ini juga akan memaksa Anda untuk memeriksa fitur-fitur pada DVR seperti setting waktu dan pengaturan file. Semakin dini Anda mengetahui adanya hal yang tidak beres pada kamera pengintai Anda, semakin mudah penanganan yang diberikan sekalipun oleh teknisi ahli dan tentunya biaya servis juga tidak terlalu besar.
  1. Tambah perangkat baik hardware maupun software. Tahukah Anda bahwa CCTV bukan hanya membutuhkan DVR? Perangkat lain yang sebaiknya ditambahkan untuk mendukung kinerja rekaman kamera pengintai ini adalah stabilizer tegangan, UPS, dan juga anti petir. Selain hardware, rekomendasi software yang bisa ditambahkan untuk menjaga kinerja kamera ini tetap baik adalah Usahakan untuk selalu meng-update firmware terbaru.

Itu dia beberapa langkah dan tips yang bisa kami bagikan untuk memandumu membersihkan dan merawat kamera pengintai yang kamu punya. Dengan perawatan yang tepat, bukan tidak mungkin usia penggunaan kamera pengintai ini lebih panjang dari perkiraanmu. Kalau memang benar, bukankah kamu akan menghemat pengeluaran dari sisi kebutuhan perangkat keamanan?

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap