Tips Merawat Jam Tangan

Meskipun fungsi jam tangan sedikit tergerus oleh keberadaan sebuah ponsel namun secara estetika, jam tangan tetap diperlukan. Apalagi untuk saat ini, pola dan tipe jam tangan sudah sangat beranekaragam bahkan yang dijual bukan hanya jam tangan original tapi juga jam tangan replika original. Untuk jam tangan replika hampir semua merk jam tangan punya replikanya mulai dari jam tangan replika Rolex – Omega – Tag Heuer – Guess Collection – Montblanc – Breitling – Tissot – Aigner – Bonia – ODM – Levi’s – Police – Swiss Army – Casio hingga hublot replica watches. Maka anda perlu merawat jam tangan tersebut.

Jam tangan bukan hanya sekedar pemenuh fungsi sebagai pengingat waktu saja, bukan hanya sekedar nempel ditangan atau habis pakai langsung dibiarkan begitu saja. Jika anda menyukai jam tangan anda. Anda tentu sangat menjaganya dan merawat jam tangan tersebut. Lalu bagaimana tips merawat jam tangan kesayangan anda?

Tips Merawat Jam Tangan Anda :

  1. Dalam memakai jam tangan, hal pertama yang harus di jaga adalah jangan sampai jam tangan kesayangan anda, jatuh. Semahal apa pun jam tangan anda, jika sudah pernah jatuh akan mempengaruhi fungsi komponen di dalamnya.
  2. Usahakan jam tangan selalu kering, khususnya pada bagian bawah (belakang) dari jam tangan yang selalu bersentuhan dengan kulit tangan anda. Karena keringat akan menyebabkan jam tangan anda berkarat atau menjadi lapuk jika bahan jam tangan anda dari karet atau kulit.
  3. Simpan jam tangan di kotak khusus jam tangan, jangan biarkan tergeletak begitu saja.
  4. Bersihkan rantai jam berbahan stainless stell dengan air hangat dan sikatlah dengan sikat gigi yang lembut. Khusus gelang yang berbahan kulit atau karet, gunakan kain kering berbahan katun.
  5. Mengganti baterai. Usahakan saat mengganti baterai jam tangan sesuai dengan spesifik baterai aslinya, terutama dari nomer seri jam tersebut.
  6. Service. Jika terjadi kerusakan pada jam tangan anda, sebaiknya dibawa pada layanan servis sesuai merk jam atau di toko-toko jam yang sudah terpercaya.
  7. Bersihkan kaca jam tangan menggunakan kaih yang halus dan tidak kasar.
  8. Jika di kaca jam tangan terdapat titik-titik air, segera jemur di bawah matahari langsung dengan menutupi kaca dengan kain atau kertas.
  9. Bersihkan gelang jam dengan sikat yang berbulu halus, jangan menggunak air ataupun alkohol, cukup disikat dan di lap menggunak kain yang bisa menyerap cairan atau debu.
  10. Jika anda menggunakan alkohol sebagai pembersih, usahakan setelah menyikat dan me-lap gelang jam tangan langsung dikeringkan. Cara mengeringkan lihat pada poin 8.
  11. Jika gelang jam tangan terbuat dari kulit, cukup dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat gelang kulit jam tangan rusak, pecah-pecah.
  12. Jangan terpengaruh dengan jam tangan yang water resist / water Proof / tahan air karena seberapa tahanpun jam tangan terhadap air, suatu saat akan rusak juga. Tetap lindungi jam tangan dari air, khususnya saat berenang.
  13. Lakukan service berkala terhadap jam tangan anda.
  14. Jangan menaruh jam tangan di tempat lembab, seperti dilemari baju. Kecuali dilindungi oleh kotak khusus jam tangan.
  15. Jangan memakai jam tangan terlalu kencang (seret) karena akan menimbulkan kondisi lembab. Dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada pergelangan tangan.
  16. Jauhkan jam tangan dari medan magnet yang kuat. Seperti magnet, tv, pengeras suara, mesin pendingin, dll.

Demikianlah tips merawat jam tangan yang di dapat dari berbagai sumber. Semoga jam tangan anda selalu terawat dan terjaga kebersihannya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap