Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Salah satu faktor yang harus diperhitungkan dalam berkeluarga adalah masalah ekonomi. Masalah ekonomi bisa dibilang sangat sensitif karena dia bisa menjadi salah satu faktor untuk langgeng atau bubarnya sebuah keluarga. Sudah sering terdengar bahwa banyak keluarga terancam bubar hanya karena masalah ekonomi. Untuk mengatasi masalah semacam itu memang diperlukan perencanaan keuangan keluarga yang matang agar terhindar dari hal semacam itu.

pengaturan-keuangan-keluargaKenapa perlu adanya sebuah perencanaan keuangan dalam keluarga? Karena hal itu dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan uang itu sendiri atau dalam artian terjadinya “pemborosan” pada beberapa sektor urusan rumah tangga. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membangun urusan perencanaan keuangan keluarga agar lebih baik, berikut beberapa tipsnya:

  • Keterbukaan

Hal itu penting karena kalau ada rahasia tentang uang pada masing-masing pasangan hanya akan berujung pada ketidakpercayaan. Terbuka tentang berapa gaji yang diterima ataupun penghasilan yang didapatkan selama sebulan tentunya akan lebih mudah dalam membuat rencana jangka pendek mapun jangka panjang dalam keluarga.

  • Kepercayaan

Setelah sama-sama terbuka tentang nominal penghasilan, hal selanjutnya adalah percaya bahwa pasangan kita telah jujur dalam hal itu, jangan sampai ada prasangka “jangan-jangan masih ada yang lain”. Adanya prasangka hanya akan berakibat pada ketidakharmonisan pada rumah tangga.

  • Kepentingan

Setelah mengetahui semuanya, maka buatkan rencana jangka pendek tentang keuangan keluarga anda. Pilihlah kepentingan-kepentingan mendesak yang harus dipenuhi dan buat juga kepentingan jangka panjang seperti tabungan pendidikan. uang hasil keterbukaan tadi, harus dianggap menjadi uang bersama agar bisa sama-sama mengelola dan jangan sampai terpikir dalam benak satu pasangan kalau kepentingannya lebih prioritas dibanding yang lain hanya karena penghasilannya lebih besar. Usahakan untuk berbicara bersama untuk menentukan kepentingan yang mana yang harus menjadi prioritas utama.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan dalam perencanaan keuangan keluarga namun tetap harus diingat bahwa masalah uang jangan dijadikan sebagai salah satu alasan kenapa harus bertengkar di dalam rumah tangga karena ketika suatu pasangan sudah berkomitmen untuk berkeluarga maka sudah sewajarnya saling membantu, saling berusaha agar sama-sama bisa menjadi lebih baik. Masalah keuangan memang sensitif tapi dengan perencanaan yang matang ditambah adanya saling keterbukaan dan kepercayaan pada pasangan, maka pertengkaran yang berakar dari masalah ekonomi bisa dihindari.

Selain itu, hindari kebiasaan “buruk” dalam berbelanja seperti membeli sesuatu yang tidak penting hanya karena ingin gaya, padahal dalam keluarga itu bukan jadi prioritas utama. Jangan biarkan gaya hidup yang berlebih membuat keluarga menjadi renggang. Tampillah sesuai dengan apa yang anda miliki, jangan hanya kerena ingin terlihat wah lalu anda mengorbankan “keuangan keluarga”.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap