Tips Menelepon Murah Di Luar Negeri

dok. Thinkstock

shaleholic.com – Salah satu kendala yang dialami turis saat traveling ke luar negeri adalah masalah komunikasi bahkan bukan hanya saat jadi turis kadang kita juga merasa biaya komunikasi itu mahal apalagi kalau harus menelepon ke luar negeri seperti Arab Saudi memang ada beberapa yang murah seperti cheap calls to India . Biaya yang mahal menjadi pertimbangan utama traveler jarang memberi kabar ke negara asal. Tapi kini Anda tidak perlu kuatir lagi. Sudah tersedia banyak alternatif yang bisa dipilih untuk bisa tetap berkomunikasi.

Berikut ini ada 4 cara yang bisa turis lakukan agar komunikasi tetap bisa murah meski di luar negeri:

1. Beli nomor ponsel provider lokal

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah hindari menggunakan provider negeri asal untuk komunikasi. Ini jelas akan menggembungkan tagihan ponsel Anda, karena biaya roaming antar negara akan berkali-kali lipat dari biaya telepon lokal.

Untuk itu, sebaiknya Anda membeli nomor ponsel lokal. Ini jelas menghemat biaya komunikasi lebih murah, ketimbang tetap menggunakan nomor negara asal. Selain itu, sinyal yang diberikan pasti lebih baik dari sinyal nomor negara asal. Membeli nomor lokal adalah cara paling favorit yang dilakukan traveler.

2. Pakai kartu telepon

Di sebagian negara, telepon umum menggunakan kartu masih banyak ditemukan. Jika destinasi yang dikunjungi masih memiliki banyak telepon umum kartu, Anda pun bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Dengan menggunakan telepon kartu, turis bisa mengira-ngira berapa biaya yang dikeluarkan untuk telepon. Frekuensi lama menelepon pun bisa disesuaikan dengan pulsa kartu yang Anda miliki.

3. Manfaatkan internet

Saat ini, hampir di setiap negara tersedia fasilitas internet, baik gratis atau pun berbayar. Biasanya, internet tersedia gratis di tempat umum, seperti kafe atau restoran. Inilah fasilitas umum yang paling mungkin Anda gunakan untuk menghemat biaya komunikasi.

Turis bisa berkomunikasi dengan keluarga atau rekan di negara asal menggunakan layanan Skype, Yahoo Messenger, atau pun aplikasi video call lai. Selain bisa mendengar suara, aplikasi ini juga memungkinkan Anda melihat langsung lawan bicara. Yang pasti, aplikasi ini gratis. Helpful!

4. Pakai collect call

Pilihan terakhir yang bisa turis gunakan agar tetap bisa berkomunikasi lancar dengan kerabat adalah dengan collect call. Ini adalah layanan telepon yang tersedia di banyak negara.

Sistemnya adalah sang penelepon tidak akan membayar biaya komunikasi, melainkan dilimpahkan kepada penerima telepon. Tapi sebaiknya sebelum melakukan collect call, Anda meminta persetujuan kerabat yang akan dihubungi agar tidak merasa terbebani dengan biaya telepon.

Fasilitas ini disediakan oleh operator telepon. Untuk menggunakannya, Anda diminta menghubungi nomer khusus collect yang berbeda tiap negara. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan fasilitas ini, cari tahu dulu kode yang dipakai negara tujuan.

sumber : detik.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap