Tips Memilih Theme WordPress

Tema WordPress dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu Tema Gratisan, Tema Berbayar (Premium Themes) dan Tema Kustom. Mari saya jelaskan perbedaan antara ketiga jenis tersebut, sehingga akan memudahkan Anda untuk memilih tema yang benar.

Free WordPress Theme

Free WordPress themes yang tersedia dapat langsung didownload di  laman resmi wordpress yaitu http://wordpress.org/. Rata-rata Free WordPress Themes sebagai alat uji coba yang dilakukan oleh beberapa developer wordpress.

  1. Fitur
    Banyak tema gratis hanya menampilkan struktur biasa saja dan tidak memiliki fitur yang ditawarkan oleh Tema Premium. Beberapa tema gratis juga menawarkan fitur yang terdapat pada tema premium, tapi dengan pilihan terbatas.
  2. Support
    Support atau bantuan secara detail hampir tidak ada pada Free WordPress Theme, namun komunitas wordpress yang tersebar bisa memberikan support kepada anda yang menggunakan Free WordPress theme. Anda juga bisa menggunakan WP Codex sebagai bahan bantuan anda.
  3. Update
    Frekuensi update pada tema gratis tidak sesering seperti tema premium. Oleh karena itu cek tema tersebut, apakah pengembang tema tersebut menawarkan update lebih lanjut lagi ? jika tidak maka segera cari tema yang lain. Karena tidak baik menggunakan tema usang yang tidak menawarkan update yang lebih lanjut.
  4. Niche Tema
    Coba cari tema yang sesuai dengan niche anda. Misal tentang komputer, maka carilah model tema yang seperti itu. Kadang kala untuk mencari model tema di tema gratisan yang sesuai dengan tema blog kita sangat susah.
  5. Desain unik 
    Jangan berharap anda mendapatkan desain yang unik dari tema gratisan. Jika anda suka mengoprek-oprek tema itu, mungkin bisa menjadi desain yang unik dan sesuai dengan karakter anda.

Mungkin kalian agak bingung memilih theme yang tepat apalagi theme free yang begitu banyak di Direktori Tema WordPress. Memilih theme hampir sama rumitnya sebagaimana memilih hosting tepat untuk blog. Mencari dan memilih theme gratisan juga perlu perhatian khusus agar tidak salah dengan niche blog, kalian bisa membaca artikel 36 Tema WordPress Gratis dan terbaik dari Hostinger untuk membantu mencari theme yang tepat. Selain itu, tidak ada salahnya juga melihat blog orang lain yang se-niche dengan blog kita untuk mengetahui theme apa yang digunakannya.

Premium WordPress Theme

Premium themes ditawarkan oleh banyak pengembang pihak ke-3. Ada banyak penjual theme premium salah satunya adalah magento templates. Semua premium themes dibangun dari basic tema framework dan di desain sangat unik, serta sesuai dengan tema yang anda inginkan.

  1. Fitur
    Premium Themes ini datang dengan fitur-fitur yang unik, karenanya kita tidak perlu kustomisasi . Dan pada tema ini terdapat Admin Panel yang memudahkan kita untuk merubah tampilan tema tersebut.
  2. Support
    Disini terdapat kompetisi antara pengembang tema yang satu dengan yang lain. Support yang bagus bisa dilihat dari pengembang yang menyediakan forum, blogs dan lain sebagainya. Hampir semua premium themes menawarkan Life time support.
  3. Updates
    Untuk tetap berkompetisi dengan produk yang lain, premium themes secara regular menawarkan update terbaru serta perbaikan keamanan dan masalah-masalah yang ada. Jadi banyak keuntungan yang didapat dari menggunakan premium themes
  4. Niche Themes
    Variasi yang banyak pada Premium theme, sangat memudahkan anda memilih theme sesuai dengan Niche Theme anda.
  5. Desain Unik
    Premium themes banyak sekali macam skema warna dan itu membuat desain menjadi unik. Banyak sumber daya yang bisa mengkustomisasi tema berbayar, karenanya anda akan dapat dengan mudah mendapatkan desain unik dengan menggunakan premium theme.

Custom WordPress Themes

Custom WordPress Themes dibuat oleh freelancer website dan web developer berdasarkan kebutuhan Anda. Hal ini tidak disarankan untuk menggunakan tema kustom, karena biaya yang mahal dibandingkan dengan tema premium. Dan faktor yang berpengaruh lainnya seperti Update, Support dll yang murni berasal dari web developer yang membuat tema anda. Jika blog atau website Anda adalah unik dan jika Anda mencoba untuk memasarkan produk Anda, maka desain kustom sangat disarankan.

sumber : http://widhionline.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
  1. kalau memilih themes yang gratisan nampaknya sangat sulit untuk bisa mendapatkan themes yang unik dan bagus, biasanya yang bagus malah tidak gratis dan berbayar
    terima kasih atas tips2nya, sangat membantu

  2. blom tentu theme yang berbayar itu bagus, theme yang gratisan juga banyak yang SEO freindly

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap