Tips Memilih Susu bagi Ibu Hamil Serta Manfaatnya

Ketika hamil, para ibu sering kali mengkonsumsi minuman susu hamil namun mungkin tidak semua tahu apa saja manfaat minum susu bagi ibu hamil. Sering kali ada saja cerita bahwa si ibu hamil minum susu karena memang “ikut-ikutan” seperti orang lain pada umumnya apabila hamil pasti meminum susu. Walaupun sekedar ikut-ikutan namun hal itu sangat baik. Berikut saya berikan beberapa info kelebihan minum susu hamil bagi para ibu:

  1. Membantu memperbaiki jaringan tubuh seperti jaringan mata, kulit, jantung, dan hati;
  2. Membantu memperbaiki dan pembentukan sel darah, plasenta dan air ketuban;
  3. Membentuk antibodi serta menguatkan sistem kekebalan tubuh;
  4. Membantu pembentukan gigi dan tulang;
  5. Mengurangi risiko terkena anemia;
  6. Mengurangi risiko ibu terkena osteoporosis;
  7. Membantu memperlancar ASI;
  8. Menjaga kandungan kalsium tubuh;
  9. Membantu pembentukan dan penguatan tulang;
  10. Membantu pembentukan jaringan pada bayi;
  11. Menjaga tubuh dari infeksi;

Itulah beberapa kelebihan minum susu saat hamil. Lalu tiba-tiba ada pertanyaan, ‘kan banyak susu hamil yang beredar di pasaran, mana yang baik?’ Sebenarnya sulit untuk mengatakan yang mana baik dan mana terbaik karena setiap susu yang dipasarkan dan lulus uji lab serta bersertifikat dari BPOM dan MUI tentunya merupakan susu yang baik. Namun ada beberapa gambaran secara umum untuk mengetahui susu yang baik untuk ibu hamil.

Tips Memilih Produk Susu Hamil

Pertama, Periksa kandungan susu. Periksa kandungan apa saja yang terdapat dalam susu hamil, ada beberapa kandungan yang baik untuk ibu bayi seperti Kalsium, Vitamin, Zat Besi, Asam Folat, DHA dan AA. Kandungan susu yang lengkap tentunya akan menjadikan si ibu dan janin terjamin kebutuhannya.

Kedua, Rasa. Bagi sebagian orang mungkin ini tidak terlalu penting namun sebenarnya ini bisa menjadi salah satu faktor agar si ibu mau minum susu. Saat hamil seringkali para ibu mengalami rasa mual yang mungkin saja berakibat malas untuk minum susu. Pemilihan rasa yang sesuai dengan selera tentunya bisa membangkitkan keinginan untuk minum. Kandungan setiap susu sama namun yang berbeda hanya soal rasa.

Ketiga, Tanggal Kedaluwarsa. Ini berlaku untuk umum, sebelum melakukan pembelian, cek tanggal kedaluwarsa setiap makanan/minuman agar terhindar dari masalah kesehatan yang bisa saja terjadi.

Keempat, Teruji. Pastikan susu yang akan ada pilih merupakan susu yang sudah teruji secara kesehatan, lulus dalam kontrol kualitas, serta memiliki sertifikat lulus BPOM dan MUI. Selain itu, mendengarkan cerita dari keluarga, teman, atau orang yang pernah mengkonsumsi bisa menjadi salah satu referensi sebelum membeli. Banyaknya beredar tentang produk susu palsu harus menjadikan ibu jadi lebih selektif.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap