Tips Memilih Busana Muslim Nan Syar’i

Bagi seorang muslim, pakaian menjadi salah satu identitas dari keyakinan yang dimiliki. Di banyak negara Muslim terutama Indonesia, busana muslim sangat bervariatif namun tetap sesuai dengan keyakinan. Busana muslim terbaru yang sering dijual baik itu di pasar tradisional, pasar modern, maupun toko online merupakan sebuah akulturasi budaya timur dan agama sehingga menjadi lebih variatif. Ada beberapa tips memilih busana muslim yang bisa anda jadikan patokan sebelum berbelanja, berikut tipsnya:

Tips memilih busana muslim

  • Pilih yang agak longgar, tidak terlalu ketat;
  • Jangan tembus pandang;
  • Pilih bahan yang nyaman;
  • Model atau motif yang Simple;
  • Jangan terlalu mencolok;

Itu beberapa tips dalam memilih busana muslim secara umum, lalu bagaimana dengan busana muslimah? Busana muslim untuk wanita tentunya sangat bervariatif, baik itu bahan, model, motif dan tentu saja harga. Untuk busana muslimah, trend pemakaiannya selalu berkembang dengan cepat bahkan busana muslimah terbaru hari ini bisa menjadi sesuatu yang dianggap ketinggalan mode karena itulah seringkali para wanita update informasi mode busana muslim melalui akun media sosial mereka.

busana muslim syar'i

sumber: hijab.id

Salah satu busana muslimah yang mengalami perkembangan pesat adalah hijab. Saya yakin para wanita pasti memiliki beraneka macam jenis dan motif hijab dengan berbagai harga atau bisa dikatakan selalu koleksi hijab terbaru agar bisa tampil lebih modis dan elegan tanpa mengurangi makna hijab.

Bagi pengguna hijab atau seringkali disebut hijabers tentu ketika ingin memiliki atau membeli hijab penuh pertimbangan (wanita gitu loe), kali ini ada beberapa tips lagi, kalau tulisan di atas tentang tips memilih busana muslim maka ini tentang tips memilih hijab syar’i.

Memilih hijab Syar’i

Sebagaimana diketahui hijab syar’i menjadi salah trend yang sedang meroket walaupun untuk hijab jenis ini memerlukan sedikit penyesuaian bagi penggunaan, apalagi anda baru pertama kali berhijab dan memutuskan untuk langsung hijab syar’i, tentu memiliki kendala seperti rambut terasa gatal/panas, merasa tidak sesuai dengan pakaian yang dipakai. Berikut beberapa tips memilih hijab syar’i untuk pemula.

Pertama, Wajib menutup aurat. Salah satu kegunaan hijab adalah menutup aurat bagian rambut dan leher. Kedua, jangan transparan, karena hijab digunakan untuk menutup bagian rambut dan leher maka hijab jangan sampai memperlihatkan bagian tersebut. Ketiga, Menjulurung panjang, walau dituliskan diawal hijab untuk menutup aurat bagian rambut dan leher namun dikatakan bahwa hijab yang baik dan diwajibkan itu adalah yang menjulur panjang hingga menutupi dada. Keempat, Menyesuaikan dengan warna kulit dan bentuk wajah. Mayoritas warna jilbab cocok untuk yang berwarna kulit putih dan kuning langsat, sedangkan sawo matang dan gelap bisa memilih warna lembut dan netral. Kelima, hampir semua model hijab cocok untuk anda yang memiliki wajah oval. Penggunaan undercaps sampai ke dahi cocok untuk yang memiliki wajah lonjong/panjang karena akan membuat wajah terlihat padat. Hijab jenis bulat/rounded shape cocok bagi anda yang berwajah persegi atau kotak. Pemilihan hijab dengan menggunakan inner yang menutupi luar sisi kiri dan kanan jidat, cocok untuk anda yang memiliki dahi lebar. Keenam, Karena akan dipakai sepanjang hari maka pemilihan bahan menjadi bagian terpenting. Pilihlah bahan yang terasa nyaman dan tidak panas sehingga bisa mengurangi rasa gerah pada kulit kepala.

Itulah beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi dalam memilih busana muslim dan muslimah maupun sekadar untuk menambah koleksi hijab anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kaum muslim semua.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap