Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Tips Membangun Rumah Tangga Yang Bahagia Dan Harmonis

Bagi mereka yang sudah menikah dan membangun rumah tangga tentunya sangat mengharapkan mempunyai keluarga yang bahagia dan harmonis. Apalagi suatu saat nanti ketika mempunyai keturunan tentunya menambah kebahagiaan rumah tangga. Tetapi dalam mencipatakan rumah tangga yang bahagia dan harmonis ini tidaklah semudah yang dibayangkan, karena di dalamnya terdapat berbagai halangan dan rintangan saat melakukannya. Ini karena hidup berumah tangga merupakan penyatuan akan dua karakter yang berbeda antara suam istri. Namun segala perbedaan tersebut jika kita tahu tips rumah tangga yang baik dan menuju kepada kebahagiaan tentunya semua kebahagiaan keluarga akan mudah untuk didapatkan.

tip keluarga sakinah

Praktek dalam berumah tangga yang sering juga diwarnai dengan yang namanya pertengkaran-pertengkaran kecil yang terjadi baik karena kesalahpahaman atau karena adanya kebiasaan dari salah satu pasangan yang tidak disukai oleh pasangan lainnya. Hal kecil seperti ini jika terus dibiarkan maka akan menjadi suatu permasalahan kedepannya, bahkan bisa menjadikan ketidaknyamanan bagi pasangan tersebut atau anak-anak yang mereka miliki. Sehingga untuk menyelesaikannya perlu ada saling pengertian antara kedua belah pihak. Dan bagaimana menciptakan saling pengertian tersebut berikut tips rumah tangga yang mudah-mudahan bermanfaat:

  1. Saling bersikap terbuka. Dalam rumah tangga jika salah satu pasangan menutup-nutupi akan hal yang penting dan perlu disampaikan maka ini dapat menjadi suatu hal yang kurang baik, karena akan ada salah satu pihak yang dirugikan. Oleh karena itu sikap salaing terbuka dengan jujur terhadap pasangan perlu dilakukan sehingga tercipta keharmonisan keluarga.
  2. Hindari sikap emosional an egois. Menghadapi suatu permasalahan dengan sikap emosional dan juga egois tidak pernah akan bisa menyelesaikan masalah, tetapi justru dapat menimbulkan masalah yang baru lagi. Oleh karena itu berfikir dewasa antara pasangan sangat diperlukan agar saat menghadapi suatu permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.
  3. Menjadikan kepentingan keluarga nomor utama. Saat seorang suami bekerja tentunya ia bekerja demi keluarga, begitupun saat seorang ibu mengasuh anaknya tentunya demi kebahagiaan keluarga. Oleh karena itu keluarga menjadi hal yang penting untuk dipertahankan dari pada yang lainnya.
  4. Menciptakan suasana yang nyaman. Rumah adalah tempat berkumpulnya keluerga secara bersama, oleh sebab itu buatlah suasana yang nyaman saat berkumpulnya keluarga, sehingga anggota keluarga menjadi betah tinggal di rumah.
  5. Tidak membawa masalah di luar ke dalam keluarga. Hal ini biasanya sering dihadapi oleh sang suami ketika ia banyak masalah dalam pekerjaannya, namun yang menjadi korban justru istri dan anak-anaknya. Hal ini karena sang suami tidak dapat membedakan masalah keluarga dengan yang di luar. Sehingga menjadikan keluarga justru menjadi pelampiasan bukannya menjadi tempat mencari solusi.
  6. Membiasakan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat penting sekali dimiliki oleh setiap keluarga, karena selain kesehatan dalam mental sehat dalam segi fisik juga sangat penting untuk diperoleh.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap