5 Tip Aman Belanja Online

Setiap kali menjelang ramadan banyak toko-toko online ramai memberikan diskon bahkan ada yang berani memberikan hingga 99%. Diskon yang begitu banyak tentunya sudah diperhitungkan matang oleh para pemilik toko online. Sebagai konsumen tentunya ketika melihat daftar diskon dan promo yang begitu banyak dan jumlah yang besar tentunya harus bijak dalam menyikapinya. Sebelum tergoda untuk belanja online karena diskon dan promo ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum belanja online:

tip belanja online

  • Cari Info tentang toko online tersebut

Sebelum anda membeli di suatu toko online apalagi yang namanya belum terlalu familiar bagi anda, ada baiknya untuk melakukan sedikit penelitian tentang hal itu. Toko online terpercaya biasanya selalu memajang nomor kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk memastikan keasliannya. Selain itu bisa juga dengan search di google atau mesin pencari lainnya dengan mengetik laman toko online atau juga nama toko online, baca beberapa hal yang bisa anda dapatkan terutama ulasan mereka yang pernah membeli.

  • Jangan tergoda harga yang terlalu murah

Di musim diskon seperti sebelum ramadan ini memang agak sulit kalau tidak tergoda namun tetap saja anda harus lebih teliti dalam menghadapi diskon-diskon yang besar terutama dari toko-toko online yang tidak familiar bagi anda. Anda boleh saja belanja ketika menemukan diskon besar selama toko itu familiar bagi anda, jadi pastikan dulu tempat anda membeli sebelum tergoda harga murah meriah.

  • Keamanan laman

Ketika belanja online sering kali pembeli diminta untuk mengisi beberapa informasi. Sebelum anda mengisi, cobalah lihat di address bar anda apakah lamannya sudah berubah ke laman yang dienkripsi seperti “https atau shttp”, biasanya laman tersebut ditandai oleh gambar gembok. Kalau tidak ada, lebih baik anda mencoba mencari laman toko online lain dulu karena laman yang ada gemboknya atau enkripsi lebih aman daripada yang tidak ada gembok.

  • Cara pembayaran

Toko online memang menyediakan berbagai cara pembayaran namun yang paling mudah memang adalah menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Namun karena sering terjadi pencurian kartu, ada baiknya anda menggunakan cara pembayaran lain seperti COD.

  • Simpan Bukti

Untuk menghindari kesalahan ataupun kecurangan, menyimpan bukti belanja online harus anda lakukan mulai dari gambaran harga serta spesifikasi produk, percakapan yang anda lakukan baik itu lewat chatting maupun online, bukti transfer dan kalau bisa (khusus perorangan) anda dapat meminta foto ktp si penjual.

Itu beberapa hal yang bisa anda lakukan sebelum melakukan transaksi online. Ingat! Belanja yang anda perlukan bukan yang anda inginkan, belanja hemat dan pintar akan membantu keuangan anda hingga tidak besar pasak dari tiang. Selamat berbelanja dan selamat ramadan untuk kaum muslim semua.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap