Teknik Pengelolaan Sampah Modern dengan Alat Sederhana

Citarum River

shaleholic.com – Dewasa ini banyak sekali diperkenalkan teknik pengelolaan sampah yang modern kepada masyarakat. Beberapa diantaranya menggunakan alat yang juga modern namun tentu saja memiliki nilai beli yang cukup tinggi, dan kurang bersahabat dengan dompet ibu-ibu. Namun tahukah para ibu sekalian, bahwa untuk mengelola sampah secara modern sebenarnya tidaklah diperlukan biaya yang besar, asalkan kita mempunyai sedikit kreativitas. Yang diperlukan hanyalah timba berukuran sedang dengan penutup, beberapa pipa air, perekat serta tentu saja waktu yang luang.

Untuk melakukan pemberdayaan sampah secara modern dengan alat sederhana ini, pada dasarnya adalah kita mencoba mebuat alat dekomposter sederhana, sebagai wadah bagi sampah untuk melakukan proses dekomposisi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Timba dilubangi sebesar pipa (ukuran seperempat dim) yang telah disiapkan kurang lebih empat buah secara simetris sisi kanan dan kiri.
  2. Pasang pipa membujur didalam timba, sesuai dengan arah simetris lubang yang telah dibuat dan sisakan ujung pipa diluar timba kurang lebih 10 cm.
  3. Lubangi pipa yang berada di dalam timba kurang lebih diameter 2 cm sebagai ventilasi udara pada saat fermentasi sampah.

Setelah semua terpasang, tutuplah masing-masing sisa pipa yang muncul diluar timba dengan rapat. Setelah proses pemasangan ini selesai, timba dapat diisi dengan sampah basah atau organik seperti sisa makanan, daun bungkus makanan, atau sayuran sisa masakan hingga penuh lalu tutup rapat. Proses pengelolaan sampah ini akan menciptakan kompos dalam waktu kurang lebih dua bulan.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap