Spesifikasi Rumah Murah PNS & MBR

Rumah murah yang diprogramkan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) khusus untuk PNS dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tipe 36 dengan menggunakan sistem cetak dan hanya bermodalkan Rp18-20 juta.

Rumah cetak tersebut dikatakan murah dan hemat, dari segi biaya, dan waktu pengerjaannya. Kemenpera pun mengklaim bahwa struktur rumah cetak ini juga tahan gempa. Hal tersebut juga ditegaskan oleh pihak pengembang, yakni PT Grand Wijaya.

Bagaimana spesifikasi material rumah cetak yang murah yang sudah diperlihatkan contoh pembangunannya yang telah rampung di halaman kantor Kemenpera baru-baru ini.

Komposisi material rumah cetak murah ini antara lain :

1. Pondasi ompak cor 1 : 2 : 3
2. Rangka bangunan L30 / pabrikasi
3. Jaring dinding besi 6 mm / las
4. Cor dinding 1,4, tebal 10 sentimeter (cm)
5. Permukaan dinding aci
6. Atap asbes atau seng
7. Pintu panel dan jendela kaca
8. Cat dinding
9. Lantai plester atau keramik
10. Sanitasi bak dan kloset jongkok
11. Septik tank batako
12. Teras plester

Sementara itu, untuk struktur fisiknya, rumah cetak murah tipe ini, memiliki luas 36 meter persegi (m2) dan terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang makan, satu ruang tamu sekaligus ruang keluarga, satu toilet di bagian belakang, dan teras kecil di depan dan belakang rumah.

sumber : http://okezone.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap