Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Solusi Tepat Cara Mengatasi Luka Bakar Ringan

12096428.tif

Anda tentunya pernah mengalami terkena percikan api atau tersenggol sesuatu yang panas. Sebagian besar orang akan membiarkan luka bakar ringan yang mereka alami. Namun luka bakar ringan jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi pada kulit Anda. Beberapa situs kesehatan seperti futuready.com menyimpulkan ada beberapa tips dan cara mengatasi luka bakar ringan. Nah, penjelasan berikut ini adalah cara mengatasi luka bakan ringan yang baru saja didapat:

  1. Gunakan air keran
    Biasanya jika terkena luka bakar, Anda akan cepat-cepat mengolesnya dengan pasta gigi. Namun cara tersebut sebenarnya kurang tepat karena akan memperdalam luka. Siram luka Anda dengan air keran selama 10 menit untuk mendinginkan luka.
  2. Lidah buaya
    Tanaman lidah buaya mempunyai kandungan Saponin dan Tanin. Saponin berfungsi untuk pembersih sehingga efektif untuk menyembuhkan luka, sedangkan Tanin berfungsi untuk menghindari infeksi pada luka. Oleskan lidah buaya pada luka bakar Anda dan diamkan selama 10 menit.
  3. Air kelapa
    Air kelapa mempunyai kemampuan untuk mendinginkan luka bakar dan juga dapat mencegah timbulnya bekas luka melepuh.
  4. Siram dengan air keran, pada awal terkena luka bakar hendaknya bagian tersebut disiram dengan air mengalir, ini membantu untuk menstabilkan suhu agar menjadi lebih dingin jadi mencegah perlukaan yang lebih serius, hal ini juga mampu mencegah infeksi.
  5. Olesi dengan cairan daun lidah buaya, berikut adalah kandungan dari cairan lidah buaya yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi luka bakar; flavonoid dan polifenol berperan sebagai antiseptik, saponin mampu membersihkan luka dan ini bagus untuk jenis luka terbuka, lalu tanin mampu mencegah infeksi pada luka bakar.
  6. Perhatikan hal-hal yang bisa memperparah luka bakar, olesan pasta gigi, mentega, minyak goreng, kecap dan yang sejenisnya mampu membuat luka bakar semakin dalam dan parah, jadi sebaiknya dihindari, lalu gelembung luka bakar harus dibiarkan pecah sendiri untuk mencegah infeksi.

Tips diatas adalah cara mengatasi luka bakar ringan yang Anda alami. Namun ingat tips diatas hanya untuk luka bakar ringan. Jika Anda mengalami luka bakar yang serius, segeralah pergi ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Jangan biarkan luka bakar Anda, karena akan sangat berbahaya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap