Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Semoga Satu Tumbuh Seribu



Hari ini bukanlah pertama kali aku mengalami kejadian ini dan kayanya ini juga bukanlah menjadi akhir dari kejadian yang akan datang karena sepertinya aku punya firasat bahwa kejadian ini akan kembali terjadi.

Ya, kali ini aku harus kehilangan seorang murid perempuan lagi dan belum tahu apa yang menjadi penyebab dia harus berhenti sekolah, apakah alasan sama seperti yang dulu-dulu karena faktor ekonomi, entahlah padahal sekolah sudah gratis dan tak pernah dipungut sepeser pun uang dari siswa. Memang beberapa hari dia sudah tak turun sekolah karena alasan sakit namun tiba-tiba saja mendadak saat sekolah hampir mendekati jam terakhir, mendadak teman satu kelasnya datang membawa buku-buku pelajaran yang dipinjami sekolah dan mengatakan dia mau berhenti sekolah.

Terkejut, itulah reaksi guru-guru yang ada, padahal dia termasuk murid yang cerewet di dalam kelas. Dan mungkin besok wali kelas dan guru BK mau ke rumahnya untuk mengetahui alasan pasti kenapa dia berhenti.

Kejadian-kejadian yang terus berulang seperti ini membuatku terus berpikir, dimana negara saat mereka memerlukan pendidikan. Rata-rata mereka harus berhenti sekolah karena alasan ekonomi. Harus membantu orang tua memenuhi kebutuhan hidup agar dapur tetap berasap. Guru hanya bisa terus memberi motivasi pada muridnya agar tak berhenti sekolah namun ketika orangtuanya berkata “hanya dia (murid tsb) yang membantu kami mencari uang” maka itu akan menjadi rumit. Uang adalah sesuatu yang sulit untuk diperkirakan karena ia bisa mempengaruhi segala pemikiran.

Namun pada akhirnya aku hanya berharap kepada murid-murid yang telah berhenti agar mereka terus belajar walaupun bukan di pendidikan formal, teruslah bermimpi untuk jadi lebih baik dari hari ini.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

19 Comments

Add a Comment
  1. Wah kok bisa sampai putus sekolah ya pak? Btw. bapak ini guru apa, SMA, SMP?

    shaleholic : Guru SMP

  2. Ada pak guru ternyata di sini.

    Kasihan sekali kalau sampai anak2 berhenti sekolah karena keterbatasan ekonomi. Mungkin dia ingin sekali sekolah tapi harus memilih untuk membantu orang tua pula. Ah so sad…

    shaleholic : Ya, masalah ekonomi seakan menjadi mesin pembunuh untuk anak sekolah yang ada di pinggiran, hanya bisa berharap smoga dia bisa tetap belajar. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap