Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Selamat Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan



hss

shaleholic.com – Hari ini 2 Desember diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan sebagai orang yang besar dan sekolah di HSS tap tidak lahir di HSS. Saya hanya bisa mengucapkan lewat sebuah tulisan ini. HSS adalah kabupaten tertua di antara 5 banua lainnya, Selain itu HSS dikenal sebagai ibu dari cikal bakal berdirinya kabupaten di kawasan banua enam, sampai ada istilah Kandangan “Boston”nya Kalsel. Namun walau Tuha bukan berarti dia lebih baik daripada yang anum karena sebagai kota tuha tentunya HSS ada banyak kekurangan namun tentu juga banyak kelebihan. HSS memang lekat dan stigma ‘pangalahian’ dan ‘jagau’nya. Pokoknya bila mendengar orang HSS [kandangan] maka dikatakan ‘jagau’ :D.

HSS kini terus berbenah dan terus berusaha memperbaiki kota dari tahun ke tahun dan juga terus berusaha agar HSS bisa semakin baik. Kini ‘era pangalahian’ ‘era bajagauan’ ‘era bauntalan’ kini mulai pudar namun memang tak bisa dipunahkan karena bagaimanapun budaya itu pasti akan tersisa walau setetes.

Diakhir tulisan ini perkenankan sebuah puisi karya Darmansyah Zauhidi, seorang tokoh sastra Kandangan di era tahun 1960-an.

Kandangan Kotaku Manis

Roma atau Paris
Indah Kandangan kotaku manis

Di Kandangan aku dilahirkan
Dibelai timang sang matahari
Dipeluk cium sang rembulan

Di Kandangan aku kenal diri dan cinta
Susah senang seluruh duka

Roma atau Paris
Indah Kandangan kotaku manis

Kandangan, 1960

 

Selamat Hari Jadi kabupaten HSS, semoga nang tuha kada kalah dan uyuh lagi melawan nang anum.

sumber : facebook.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap