Salahkah Memaksa Berjilbab

Jilbab bagi wanita muslim jaman sekarang (walaupun tidak semua) hanyalah sebuah gaya untuk mengikuti tren ataupun juga sekedar agar dikatakan wanita yang baik. Jilbab akan booming ketika bulan ramadan datang, para wanita akan berbondong-bondong memakainya bahkan para selebritis pun memakainya. Namun para pemakai jilbab yang mengikuti tren hanya akan merusak citra Islam karena mereka memakai namun memperlihatkan aurat yang lain seperti lekuk tubuh bahkan banyak anak SMA yang memakai jilbab tapi memperlihatkan rambut poni mereka. Itu aneh padahal jilbab digunakan untuk menutupi rambut.

Namun ketika seorang wanita disuruh memakai jilbab, dia selalu berkata “aku belum siap”, “aku mau jilbabkan hati dulu”, dan banyak alasan lainnya. Kenapa terlalu banyak alasan untuk menjalankan sebuah kewajiban. Padahal mereka rela memaksakan diet demi kerampingan tubuh tapi kenapa mereka tidak mau memaksakan untuk berjilbab. Kalaupun dipaksa terkadang mereka berkata “aku takut kalau tidak sesuai dengan kelakuanku”, kalau sudah begitu artinya mereka sadar bahwa kelakuan mereka tidak sesuai tapi kenapa masih saja dilakukan. Itu tandanya mereka suka menentang hukum Allah dan itu berarti mereka sudah siap dengan segala resikonya (semoga Allah mengampuni mereka, Amin).

Sudah saatnya jilbab dipaksakan karena itu akan membuat kita terlindungi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pemerkosaan dan pelecehan seksual adalah salah satu akibat dari gaya pakaian yang terlalu terbuka dan memperlihatkan aurat dimana-mana. Selain itu juga jilbab adalah salah satu identitas bahwa ia adalah wanita muslim.

Memang pada akhirnya, keputusan memakai jilbab tergantung pada individu masing-masing namun salahkah memaksa berjilbab dari sekarang. Hanya anda yang bisa menjawabnya?

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

27 Comments

Add a Comment
  1. Rizki Eka Putra

    Kuncinya dirumah tangga! bagaimana kita bisa menanmkan agama sehingga untuk memakai jilbab tidak perlu dipaksa

  2. hEEE memperlihatkan Poni..waOOo o_O
    ^^KereN ^^

    Apapun yg di lakuin karena suatu tujuan…entah itu mank bnr2 dr lubuk hati terdalam karena kesadaran sebagai,kewajiban seorg muslim atau karena ingn ngikuti mode atau apa…sulit memang karena ini menyakut hak pribadi seseorg,yukk kita mulai dr diri kita sendiri…

    yach mungkin untuk memulai itu rada sulit,tp ga’ ada salahnya mEncoba,hasil itu kan nnt,seburuk apapun itu itulah yg terbaik,…gpp segala sesuatu ga’ harus di mulai dr yg bnr2 baik N bersih…dr yg jelek dulu menuju yg baik ttp semangtTtt ….

    kecantikan sejati tidak terletak pada penampilan tubuh namun di dalam hati, N hati yg baik terpancar dr tingkah laku N tutur kata yg sopaN

  3. Semua kembali kepada individu masing2, apakah telah siap memakai jilbab atau belum

  4. sama ama mbak Evi, semua tergantung niat dari individu masing-masing..he..e..he..he..

  5. Gagah Putera Arifianto

    ya pertama perlu juga dirunut ke belakang sebab-sebab kenapa seorang wanita belum mau menggunakan jilbab. Bisa saja dia justru tidak mau menggunakan jilbab hanya untuk “mengikuti tren” atau “sekedar agak dikatakan wanita yang baik” seperti yang mas shaleh bilang. Itu justru memperburuk pengertian akan Islam, dan mendorong jilbab sebagai hanya “simbol” dari agama Islam, sehingga aplikasinya biasanya tidak diikuti dengan mempelajari Islam secara keseluruhan.

    Dan lagi-lagi, segala sesuatu yang namanya pemaksaan itu jelas salah 😀 Karena nanti di Akhirat pertanyaan yang akan ditanya bukan cuma “Apa Kamu Mengenakan jilbab?” tapi juga “Mengapa kamu mengenakan jilbab?” Bayangkan kalau sang wanita menjawab “Karena dipaksa” bukan “karena aku takut dengan nerakamu”…….

  6. sekedar pesan:
    gak sedikit jilbab cuma sebagai kedok saja. diluar itu ???

  7. wah,kamu ini permerhati juga ya say…
    good deh buat kamu, emang betul say..
    terkadang jilbab di pandang sebelah mata sama orang..(apa coba sebelah mata…)hehehe.. miss u

  8. kenapa dipaksakan? bukankah sesuatu yang dipaksa kebanyakan akan menimbulkan efek negatif? manusia itu pada esensinya adalah mahluk bebas, ada hal2 tertentu yg tak bisa dipaksakan padanya, spt memilih jalan hidup, jodoh, agama, dsb. utk pemakaian jilbab lebih baik digencarkan melalui pemahaman positif pemakaian jilbab itu sendiri sehingga yg belum tergerak jadi tergerak memakainya

  9. wah.. ngga boleh dengan pemaksaan gitu donk brur, itu nama nya egois,. Kan islam sendiri bukan agama pemaksaan..

    biarin aja mereka jalanin hidup nya masing, kita cuma bisa ingetin, bukan jadi “algojo” pemaksa..

  10. Wow! Thank you! I always wanted to write in my site something like that. Can I take part of your post to my blog?

  11. I saw something about that on the local TV channel last night.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap